DPRD Kab Sukabumi : 7 Raperda Disampaikan Bupati Sukabumi, Ini Kata Yudha Sukmagara dan Anwar Sadad

179
KAB.SUKABUMI,banten.indeksnews.com-Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara menyampaikan, jawaban Bupati Sukabumi Marwan Hamami atas pandangan fraksi-fraksi dalam tujuh Raperda yang telah dibahas di Rapat Paripurna, Juni 2021 baru ini.

Yudha Sukmagara mengatakan, hasil pendangan yang disampaikan anggota fraksi-fraksi DPRD dan akan menjadikan acuan masukan dan pengkajian lebih lanjut dalam pembahasan, selanjutnya akan dibahas oleh komisi dan Pansus DPRD Kabupaten Sukabumi.

“Seperti yang sudah disampaikan atas jawaban Bupati yang di nilai sudah sesuai apa yang diharapkan. Saat itupun kami langsung dibentuk pembahasan-pembahasannya sesuai masing-masing komisi,” kata Yudha Sukmagara.

Legislatif besutan partai Gerindra ini berharap, Raperda-raperda yang disampaikan tersebut, harus bisa terlahirkan tepat waktu. Pasalnya sangat dibutuhkan sebagai acuan landasan-landasan payung hukum untuk peraturan daerah (Perda) yang tepat di Kabupaten Sukabumi.

“Ada 7 rapeda yang dibahas, semuanya tentunya dinilai sangat penting. Oleh karena itu kami melakukannya dengan teliti dan sangat hati-hati. Agar nanti kalau sudah terlahir atau di sahkan jangan sampe pro kontra, lebih tidak sesuai harapan masyarakat,” tegas Yudha.

Sebelumnya Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyapaikan, pembentukan 7 raperda tersebut harus secepatnya dilaksanakan. Karena menggunakan anggaran daerah, tentunya harus efisiensi waktu, ekonomis dan harus efektif serta bermanfaat hasilnya.

“Target-target dalam Raperda yang disampaikan harus diarahkan dan dicermati oleh Perda, agar tidak menyimpang dari posisi. Insya Allah nanti kita bisa berdiskusi dalam pembahasan antara eksekutif dengan pansus atau komisi,” ujar Marwan Hamami, kepada awak media usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kab. Sukabumi, Palabuhanratu, Rabu 02 Juni 2021 kemarin.

DPRD
Foto Dokumentasi : Anwar Sadad Fraksi Partai PKB DPRD Kabupaten Sukabumi.

Ditempat terpisah Anwar Sadad Fraksi Partai PKB berharap pemerintah daerah bisa menegakkan keadilan untuk kemaslahatan seluruh rakyat (Tahqiqul ‘adli Li Ishlahi Ar-ra’iyyah).

“Tentunya kami mengharapkan bahwa dalam kondisi pendemi seperti ini kita semua diberi kesehatan dan kekuatan agar senantiasa bisa beraktifias dan melaksanakan tugas kita, seperti dalam menggodog 7 Raperda untuk menjadikan pelayanan publik lebih baik lagi dan bermanfaat untuk masyarakat kabupaten Sukabumi,” kata Anwar Sadad.

Setelah Fraksi PKB menelaah secara seksama terhadap nota pengantar Bupati mengenai 7 Raperda tersebut, Anwar Sadad mengatakan, PKB menyampaikan pandangan umum terhadap reperda tersebut.

“Secara terperinci dengan alasan untuk mengefektifkan waktu penyampaian, rekomendasi pendapat diantara lain
sebuah Propemperda mempunyai arti yang sangat penting bagi pembentukan pemerintahan produk hukum daerah, khusus dan bagi pembangunan daerah. Untuk itulah perlu adanya keseksamaan atau ketelitian agar itu bisa terlahir Perda yang bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat dan pemerintah,” tandas Anwar.

Untuk diketahui, 7 Raperda yang dibahas dalam Rapat Paripurna saat itu, diantaranya penyertaan modal daerah kepada Perumda Agri Mandiri Sukabumi, penyertaan modal daerah kepada BPR Sukabumi, pengelolaan zakat, perubahan atas Perda Nomor 10 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan administrasi penduduk.

Perubahan kedua atas Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Sukabumi, rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021-2026, dan pemilihan kepala desa.**

Artikel sebelumyaSatnarkoba Polres Tangsel Ungkap Peredaran Narkoba, diduga Jaringan Sumatera
Artikel berikutnyaDisdukcapil Dapat 18 Alat Perekaman dan Pencatak KTP-el di 100 Hari Kerja Bupati-Wakil Bupati Sukabumi