Longsor Tutup Saluran Air, Sawah Milik Tiga Warga Tertimbun Bongkahan Tanah dan Lumpur

64
CIANJUR, Banten.indeksnews.com-Bencana tanah longsor akibat tesumbat saluran air oleh bongkahan longsoran kecil, terjadi di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa 8 Juni 2021 kemarin.

Akibat bencana longsor tersebut, tebing diatas lahan persawahan tempatnya di Kampung Lemburwarung RT 03/RW, terdampak tanah dan lumpur longsoran dengan hebat, kejadian diperkirakan sekitar jam 22.00 WIB.

Relawan Arta Jadi Jumahya, yang juga warga setempat membenarkan kejadian bencana longsor terjadi akibat saluran air tertutup longsoran kecil. Dimana, air dari selokan diatas mengalir menuju pesawahan hingga meluber ke jalan setapak.

“Ya betul, saya bersama warga sudah mengecek langsung ke atas, ternyata betul ada longsor, kejadian diperkirakan sekitar jam 22.00 WIB Selasa malam,” kata Arta dilansir Cianjur Today, Kamis 9 Juni 2021.

Akibat kejadian tersebut, kata Arta
tebing yang berkontraksi tanah mengalami longsor dan menimbun sawah milik warga sekitar.

“Atas kejadian tersebut, sedikitnya satu hektar lahan sawah milik tiga warga, tertimbun bongkahan tanah longsor,” kata Arta.

Arta menuturkan, meski kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena lokasi jauh dari pemukiman warga. Akan tetapi, meski diwaspadai ketika para petani akan melintasi.

“Warga bersama RT dan RW setempat sudah melakukan kordinasi dan melaporkan kejadian bencana longsor kepada Pemerintah Desa Batulawang agar ditindaklanjuti kepihak BPBD,” tandasnya.**(Rez/Red)

Iklan

Artikel sebelumyaBukit Algoritma Ditandai Peletakan Batu Pertama, Sesi Satu Fokus Pembangunan Infrastruktur dan Perairan
Artikel berikutnyaBupati Cianjur Deal, Keluarkan Surat Edaran Larangan Pesta Pernikahan