Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Euro Lewati Platini, Dalam 17 Tahun Di Dunia Sepak Bola

175
Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Euro Lewati Platini, Dalam 17 Tahun Di Dunia Sepak Bola
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol di laga Hungaria vs Portugal, Euro 2020 (c) AP Photo

BUDAPES, banten.indeksnews.com – Cristiano Ronaldo dan gol Sebelum menit ke-87, laga pembuka Grup F Piala Eropa 2020 antara Portugal dan Hungaria di Stadion Puskas Arena di Budapes, Hungaria, Selasa (15/6), semata hanya soal tim. Namun, gol penalti yang dicetak  Ronaldo di menit ke-87 sekaligus gol kedua dalam kemenangan 3-0 Portugal bergerak ke pembicaraan individual.

Ya, gol penalti tersebut membuat Cristiano Ronaldo kini menjadi pemain dengan gol terbanyak dalam sejarah Piala Eropa. Dengan koleksi sepuluh golnya, penyerang Juventus berusia 36 tahun tersebut kini unggul satu gol lebih banyak ketimbang pemilik rekor sebelumnya, Michel Platini.

Platini sejauh ini telah mencetak sembilan gol di Piala Eropa. Bedanya, Cristiano Ronaldo butuh lima Piala Eropa untuk jumlah tersebut sementara Platini mencetak sembilan gol ketika membawa Prancis menjadi juara sebagai tuan rumah pada edisi 1984.

Tak hanya itu, CR7 juga memperbesar rekornya dengan gol brilian yang dicetaknya untuk gol ketiga Portugal versus Hungaria. Gol yang terjadi melalui permainan umpan satu-dua tersebut menempatkan koleksi gol CR7 di Piala Eropa menjadi sebelas.

Pertandingan melawan Hungaria juga menjadikan CR7 sebagai pemain pertama yang bermain di lima Piala Eropa sejak edisi 2004 ketika Portugal bertindak sebagai tuan rumah. CR7 julukannyacjuga tercatat sebagai pemain pertama yang mencetak gol di lima Piala Eropa berbeda dalam rentang 2000-2021.

Melihat penampilan CR7 melawan Hungaria, pemilik lima Ballon D’Or ini tampaknya masih punya banyak gol yang bakal diciptakannya. Rekor lain yang bisa dipecahkannya di Euro tahun ini adalah gol internasional terbanyak sepanjang masa.

Dengan total 106 gol yang sudah disumbangkannya untuk Portugal, CR7 kini hanya butuh empat gol untuk melewati rekor gol internasional terbanyak yang masih dipegang oleh pesepakbola asal Iran, Ali Daei. Daei sejauh ini mencetak 109 gol dalam 148 pertandingan untuk Iran.

BACA JUGA:  Windy Cantika Aisah Persembahkan Medali Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo

Sementara CR7 mencetak 106 gol melalui 176 penampilan. Jumlah itu berpeluang terpecahkan di Euro 2021 karena Portugal sekurang-kurangnya punya dua pertandingan di grup F melawan Jerman pada 19 Juni dan Prancis pada 23 Juni.

Artikel sebelumyaLansia di Meksiko Pedagang Daging Ternyata Pembunuh Berantai, Ribuan Tulang Terkubur di Rumahnya
Artikel berikutnyaPT PITS Pembangunan Investasi Tangerang Selatan Buka Kotak Saran dan Masukan untuk Kandidat Komisaris Serta Kandidat Direktur Keuangan