Zaenal Arifin Basarnas Banten: Potensi Megathrust Selat Sunda Harus Jadi Perhatian Bersama

157
Zaenal Arifin Basarnas Banten: Potensi Megathrust Selat Sunda Harus Jadi Perhatian Bersama
Kepala Basarnas Banten Zaenal Arifin
SERANG,banten.indeksnews.com– Zaenal Arifin Basarnas Banten Potensi bencana megathrust Selat Sunda disebut harus jadi perhatian bersama semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Kesiapan siagaan penanganan itu perlu dipersiapkan sejak dini.

Kepala Basarnas Banten Zaenal Arifin menyebut, Provinsi Banten punya potensi bencana sangat besar, salah satunya bencana megathrust yang peristiwanya tak bisa diprediksi kapan akan datang.

“Seperti kita ketahui Provinsi Banteb asalah Provinsi di mana potensi musibah maupun bencana sangat besar, salah satunya merupakan bencana pada megathrust,” kata Zaenal Arifin dalam acara Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kontigensi, Rabu 16 Juni 2021.

Bencana megathrust kata, Zaenal adalah bencana akibat adanya gap pada seismic di Selat Sunda. Megathrust punya potensi bencana besar terhadap guncangan gempa dan berpotensi tsunami yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Bencana ini merupakan sebuah potensi akibat asanya seismic gap di wilayah Selat Sunda yang menyimpan enerfi yang sangat besar dan suatu waktu bisa berdampak guncangan yang besar berpotensi tsunami,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, perlu rencana penyusunan kontigensi terhadap ancaman bencana besar tersebut. Semua pihak baik pemerintah dan masyarakat perlu mempersiapkan diri terhadam potensi ancaman bencana tersebut.

“Dadi beberapa kali terjadinya musibah menunjukkan adanya faktor-faktor yang masih perlu ditingkatkan terutama fasilitas dan jumlah sumber daya manusia yang ikut dalam penanganan potensi SAR,” kata dia.

Dukungan sarana dan prasarana perlu ditingkatkan dalam menghadapi berbagai musibah.

“Dukungan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia SAR sangatlah penting untuj dipersiapkan guna mengantisipasi terjadinya musibah dan bencana,” katanya.

BACA JUGA:  IGI TANGERANG SELATAN LAKSANAKAN SOSIALISASI 4 PILAR MPR RI
Artikel sebelumyaDinkes Tangsel Luncurkan Aplikasi Si Pandai Kemas Tangsel
Artikel berikutnyaAgnez Mo Dirikan Klinik Covid-19 Dilapangan Terbuka, Diperuntukkan Bagi Mereka Yang Ingin Vaksin Gratis.