PWI Jaya Gelar Orientasi Wartawan bagi Calon Anggota PWI, ke-10

85
PWI Jaya Gelar Orientasi Wartawan bagi Calon Anggota PWI, ke-10
PWI) DKI Jakarta menyelenggarakan Orientasi Wartawan Calon Anggota PWI, ke-10
JAKARTA, banten.indeksnews.com- PWI JAYA Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta menyelenggarakan Orientasi Wartawan Calon Anggota PWI, ke-10, yang berlangsung di Sekretariat PWI, Gedung Prasada Sasana Karya, Jakarta Pusat, Rabu (23/6/2021).

Kegiatan PWI JAYA tersebut diikuti sebanyak 25 peserta, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid -19. Acara berlangsung satu hari di mulai dari jam 8:00 hingga jam 14: 00. Setiap peserta wajib menjaga jarak, menggunakan masker serta menyiapkan handsanitizer.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jaya Irmanto menjelaskan materi yang disampaikan dalam orientasi tersebut yakni, pedoman Dasar/pedoman Rumah Tangga PWI serta Kode Etik Jurnalistik (KEJ), UU No: 40/1999 tentang Pers, Pedoman atau hukum terkait pers, seperti Pedoman Pemberitaan Media Siber, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak yang disampaikan Bendahara PWI Jaya Iqbal Irsyad, serta Teknik Penulisan/Essay, oleh Wakil Ketua Bidang Pendidian PWI Budi Nugraha.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI  Sayid Iskandarsyah mengatakan, orientasi ini sangat bermanfaat bagi para wartawan, terutama seorang wartawan untuk memahami berorganisasi profesi.

“Mengikuti organisasi di PWI itu hendaknya tidak hanya ingin mendapatkan legalitas atau identitas saja, ” tegas Sayid.

Dia menyayangkan masih ada ditemukan beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh oknum wartawan.

“Kartu PWI itu bukan untuk menakut-nakuti atau menekan orang lain bila ada kesalahannya. Kartu PWI ini sebagai identitas kita sebagai anggota di dalam organisasi wartawan,” tegasnya

Menurutnya seorang wartawan dalam menjalankan tugas Jurnalistiknya sudah diatur dalam kode etik prilaku dalam menjalankan profesinya. Sayid meminta para peserta agar menjalankan profesi wartawan dengan benar sesuai dengan kode etik.

Untuk itu, ia berharap materi yang disampaikan oleh narasumber ini dapat bermanfaat bagi para wartawan dalam menjalankan tugasnya dilapangan.

BACA JUGA:  MAKI Temukan Dugaan Pemotongan Insentif Nakes COVID-19 di Salah Satu RS di Serang

“Apalagi seorang wartawan itu sebagai fungsi sosial kontrol,” ujar Sayid.

Artikel sebelumyaPolda Sumut Ringkus 2 Tersangka Penembakan Wartawan
Artikel berikutnyaKemenkumham: Bukan Usir Pedagang dalam Ambil Alih Pasar Babakan Tangerang