Kabar Baik PLN Perpanjang Diskon Tarif Listrik Sampai Desember 2021

44
Kabar Baik PLN Perpanjang Diskon Tarif Listrik Sampai Desember 2021
PLN
JAKARTA,banten.indeksnews.com– Kabar baik datang dari PT PLN (Persero) untuk masyarakat kecil dan industri, berupa perpanjangan pemberian stimulus berupa diskon tarif listrik.

Kabar Baik ini kami Dikutip dari Instagram PLN @pln_id, diskon listrik bagi masyarakat kecil, industri, bisnis, dan sosial di tengah pandemi Covid-19 dan perpanjangan PPKM Darurat ini, diperpanjang hingga Desember 2021.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril, mengatakan, PLN siap menjalankan keputusan pemerintah yang memutuskan memperpanjang pemberina stimulus diskon listrik, sebagai bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat semoga menjadi kabar baik dan menggembirakan.

Dengan pemberian diskon listrik ini, PLN berharap dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif, serta meningkatkan daya beli masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

“Dan kami selalu mendukung dengan menjalankan keputusan pemerintah untuk memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, dan pelaku usaha yang terdampak Covid-19,” terang Bob Sari, dalam siaran persnya, Selasa 20 Juli 2021.

Dijelaskan, metode penyaluran stimulus listrik tidak berubah dari periode Triwulan III 2021, sehingga PLN optimistis penyalurannya akan berjalan lancar.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus listrik yang diberikan hingga Desember 2021, besarannya adalah sebagai berikut:

Pertama, pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Kedua, pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Ketiga pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum listrik sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

BACA JUGA:  Fenomena Matahari Memutih, Ini Penjelasan LAPAN!

Diskon akan diberikan secara langsung kepada pelanggan. Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara itu, untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di website maupun layanan WhatsApp Stimulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,” urai Bob.

Cara Klaim Diskon Tarif Listrik
Sama seperti sebelumnya, bagi pelanggan pascabayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan.

Sementara untuk pelanggan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diberikan sama dengan bantuan sebelumhya.

Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara sebagai berikut:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.

3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:

1. Buka Aplikasi WhatsApp.

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Selain melalui situs web PLN dan layanan WhatsApp token stimulus juga bisa didapatkan melalui aplikasi PLN Mobile dengan cara sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi PLN Mobile.

2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.

4. Token gratis akan muncul.

5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

BACA JUGA:  Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka, Simak Syaratnya untuk Dapatkan Insentif Jutaan Rupiah
Artikel sebelumyaFerdinand Hutahean: Hebat MS Kaban Suap Dianggap Rezeki, Terima Uang dari Dirut PT Masaro Anggoro.
Artikel berikutnyaGaram Krosok, Cara Mudah dan Murah Rontokkan Corona