Muhidin M Said Wakil Ketua Banggar, Apresiasi Capaian Perekonomian Kuartal II yang Meroket 7,07%

Muhidin M Said Wakil Ketua Banggar, Apresiasi Capaian Perekonomian Kuartal II yang Meroket 7,07%
Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Muhidin M Said
JAKARTA,banten.indeksnews.com – Muhidin M Said Apresiasi Indonesia telah berhasil keluar dari kondisi resesi ekonomi, setelah kuartal sebelumnya sempat kontraksi -0,74%. Saat ini, pertumbuhan ekonomi RI di kuartal II-2021 terpantau meroket 7,07% secara tahunan (year on year/YoY).

Terkait hal itu, Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI Muhidin M Said menyebut strategi pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah terbukti efektif. Mengingat pertumbuhan UMKM dan kinerja ekspor juga terpantau sangat baik.

“Capaian kinerja perekonomian pada kuartal II tahun ini layak mendapat apresiasi karena mampu menghadirkan momentum kebangkitan di tengah pandemi yang masih berlangsung tak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia,” ujar Muhidin M Said dalam keterangannya, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, capaian ini telah membawa Indonesia dari jurang resesi ekonomi. “Capaian pada kuartal II ini juga secara resmi telah membawa kita keluar dari zona resesi ekonomi setelah pada empat kuartal sebelumnya kita mengalami kontraksi,” bebernya.

Said menyebut capaian ekonmi di kuartal II juta tak lepas dari ketangguhan resiliensi di sektor UMKM. Menurutnya, sektor UMKM mampu bertahan dan menjadi motor penggerak perekonomian, disaat pertumbuhan kredit perbankan masih terbatas.

“Hal ini bisa dilihat dari realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang pada semester I telah mencapai Rp 143,14 triliun, atau 56,58% dari target Rp 253 triliun. Hingga saat ini, pemerintah telah menyalurkan KUR kepada 3,87 juta debitur dengan tingkat non-performing loan (NPL) yang relatif rendah pada level 0,88%,” jelasnya.

-
Artikel sebelumyaKejagung Sedang Proses Pemberhentian Tidak Hormat Jaksa Pinangki
Artikel berikutnyaBarcelona Mengumumkan Berpisah Dengan Lionel Messi.