Presiden Jokowi Meresmikan RS Modular Pertamina di Tanjung Duren untuk Penanganan Covid-19

Presiden Jokowi Meresmikan RS Modular Pertamina di Tanjung Duren untuk Penanganan Covid-19
Presiden Jokowi Resmikan RS MODULAR PERTAMINA TANJUNG DUREN
JAKARTA, banten.indeksnews.comPresiden Jokowi meresmikan Rumah Sakit (RS) Modular Pertamina di Tanjung Duren, Jakarta, Jumat (6/8/2021). Rumah Sakit Modular Pertamina ini dibangun menjadi RS khusus pasien Covid-19, termasuk penanganan pasien Covid-19 bagi ibu dan anak.

“Alhamdulillah dalam waktu 30 hari sudah bisa kita selesaikan rumah sakit ini, khusus untuk penangani Covid-19,” terang Direktur Utama Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dalam keterangannya secara virtual usai mendampingi Presiden Jokowi meninjau fasilitas di rumah sakit tersebut.

Nicke menjelaskan rumah sakit ini berkapasitas 305 bed (tempat tidur). Beberapa fasilitas menjadi kekhususan dari rumah sakit ini adalah ketersediaan ruang Intensive Care Unit (ICU), dari kapasitas 305 bed 2/3 adalah untuk ICU.

Rumah Sakit Modular Pertamina
Rumah Sakit Modular Pertamina

“Selain itu, dilengkapi untuk penanganan Covid-19 khususnya ruang ICU bagi ibu dan anak, termasuk pelayanan untuk persalinan,” kata Nicke.

Ia menambahkan RS Modular Pertamina didesain dengan ventilasi yang sangat bagus, dan juga area yang terbuka untuk mendapatkan matahari yang cukup.

“Sehingga pasien dan tenaga kesehatan tidak terkukung dalam satu ruangan. Ini sangat penting untuk meningkatkan imunitas dari pasien itu sendiri,” terang Nicke.

Selain itu, lanjut dia, rumah sakit ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk cuci darah, dan juga tidak kalah pentingnya ada ruang rekreasi.

“Karena kita sama menyadari bahwa penyembuhan dari pasien Covid-19 sangat terpengaruh dari psikologisnya,” ujar Nicke.

Ia menyatakan bahwa ruang rekreasi ini untuk pasien Covid-19 yang sedang tahap recovery (pemulihan).

“Mereka bisa melakukan kegiatan olahraga ringan, atau sekadar sedang bertemu,” ungkapnya.

Rumah Sakit Modular Pertamina mulai beroperasi hari ini (Jumat, 6/8/2021) untuk menerima pasien secara bertahap. Ada 800 tenaga medis dari mulai perawat dan juga dokter

Dalam kesempatan itu, Nicke juga menyerahkan dua mobil untuk kegiatan vaksinasi dan tes PCR keliling untuk dioperasikan di wilayah Sumatera.

-
Artikel sebelumyaBrand expert : Apakah rahasia tersembunyi dalam hidup, yaitu apakah caranya kita bisa tahu masa depan?
Artikel berikutnyaBrand expert: Tingginya Pertumbuhan Ekonomi Pada Kwartal ll Tahun 2021 Mencapai 7,07 Persen Kombinasi Antara Pertumbuhan Tahun sebelumnya Dengan Peningkatan Kerja Di Berbagai Sektor