Waspada Perubahan Iklim, Pantau Peringatan BMKG!

102
Waspada Perubahan Iklim, Pantau Peringatan BMKG!
Perubahan Iklim ft ilustrasi
JAKARTA,banten.indeksnews.com-  Waspada Tak hanya hantaman pandemi covid-19, acaman perubahan iklim sedang menghantui sejumlah negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Kepala Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, (BMKG), Ardhasena Sopaheluwakan, mengimbau pemerintah harus siaga dan waspada. Pemerintah daerah terus diminta memantau peringatan dan kondisi cuaca terkini yang diinformasikan BMKG.

“Untuk jangka pendek, pemerintah daerah dan sektor-sektor terdampak harus siap siaga  dan Waspada terhadap peringatan dini yang diberikan oleh BMKG,” kata Ardhasena dalam tayangan Primetime News di Metro TV pada Sabtu, 14 Agustus 2021.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), dan ilmuwan melaporkan manusia akan lebih menghadapi cuaca ekstrem. Dalam jangka panjang, pemerintah pusat dan daerah dapat melakukan berbagai persiapan.

“Misalkan, kepada daerah yang diproyeksikan akan terjadi kekurangan air maka disarankan membangun sarana dan prasarana untuk menyimpan air,” ujar Ardhasena.

Ardhasena menjelaskan berbagai bencana alam yang tengah dialami sejumlah negara akibat pemanasan global yang didorong emisi gas rumah kaca dari aktivitas manusia. Siklus iklim dan sistem atmosfer menjadi terganggu.

BMKG tak henti menjalankan berbagai upaya antisipasi. Berbagai koordinasi dan strategi disusun bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Artikel sebelumyaJokowi Keras Sapa Yang Mainkan Obat Tak Ada Toleransi
Artikel berikutnyaSebanyak 12.164 Narapidana di Jabar Dapat Remisi Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI