Warna Pelat Nomor Kendaraan Akan Diganti Menjadi Warna Dasar Putih dan Tulisan Hitam, Begini Penjelasannya

63
Warna Pelat Nomor Kendaraan Akan Diganti Menjadi Warna Dasar Putih dan Tulisan Hitam, Begini Penjelasannya
pergantian warna pelat
JAKARTA, banten.indeksnews.com- Warna pelat kendaraan berwarana dasar hitam tulisan putih akan diganti dengan warna pelat putih tulisan hitam. kendaraan berwarana dasar hitam tulisan putih akan diganti dengan warna pelat putih tulisan hitam.

Penggunaan warna pelat kendaraan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) akan diganti.

Mulanya warna pelat nomor kendaraan berwarna hitam dengan tulisan putih, akan diganti dengan warna putih dengan tulisan hitam.

Pergantian pelat kendaraan tersebut berdasarkan Perpol Nomor 7 Tahun 2021 Pasal 45 Ayat 1 (a), TNKB Kensaraan motor perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan Badan Internasional akan berwarna putih dengan tulisan hitam.
dari akun instagram @divisihumaspolri.

Indonesia sudah lama menggunakan pelat nomor kendaraan berwarna dasar hitam, Korlantas Polri memutuskan untuk menggantinya.

“Indonesia sudah lama menggunakan pelat nomor kendaraan dengan warna dasar hitam dan teks putih. Namun pada akhirnya, Korlantas Polri memutuskan untuk menggantinya.”

Digantinya Warna pelat nomor kendaraan untuk mendukung program tilang elektronik, ETLE agar dapat berjalan dengan lancar.

“Alasan utamanya adalah demi mendukung program tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE),” tulis Divisi Humas Polri dalam akun Instagramnya.
Hal ini karena teknologi pada kamera ETLE kesulitan mengidentifikasi pelat nomor hitam dengan warna tulisan putih.

Karena teknologi yang memanfaatkan kamera masih terkendala, yakni kamera ETLE kesulitan mengidentifikasi pelat nomor hitam dengan warna teks putih.”

Kasubdit STNK KBP, AKBP M. Taslim Cahiruddin mengatakan, kamera ETLE bisa saja salah membaca angka 5 menjadi S atau angka 1 menjadi huruf I.

“Padahal hasil tangkapan kamera ETLE dipakai sebagai alat untuk melakukan tilang elektronik. Penggunaan pelat dasar putih dengan warna teks hitam akan membuat kesalahan identifikasi kamera tak lagi terjadi,” terakhir tulis Divisi Humas Polri.

BACA JUGA:  Menlu Retno: RI Terus Suarakan Isu Keseteraan Vaksin Covid 19

Penggantian warna pelat kendaraan dicanangkan akan diberlakukan tahun depan.

Artikel sebelumyaBerdialog dengan Presiden, Ini Potret Gagahnya Pilot Garuda Flight dan Nusantara Flight
Artikel berikutnyaBrand expert : Mengapa kok kita takut?