WHO : Kasus Corona Secara Nasional di RI Turun, Non Jawa-Bali Terpantau Masih Tinggi

54
WHO : Kasus Corona Secara Nasional di RI Turun, Non Jawa-Bali Terpantau Masih Tinggi
Organisasi Kesehatan Dunia
JAKARTA, banten.indeksnew.com- WHO Organisasi Kesehatan Dunia menyebut kasus Corona (COVID-19) mingguan diluar wilayah Jawa-Bali terpantau masih cukup tinggi dalam enak pekan terakhir. Meski begitu, kasus Corona dan tingkat kematian secara nasional terpantau turun.

“Pada 29 Agustus, insiden kasus mingguan Corona per 100.000 penduduk secara nasional, di wilayah Jawa-Bali dan non-Jawa-Bali adalah 48,6, 44,0 dan 54,9, masing-masing. Kasus mingguan di wilayah non-Jawa-Bali tetap pada tingkat kasus tinggi selama enam minggu terakhir,” tulis WHO dalam laporannya, Kamis (2/9/2021).

Adapun laporan itu tertuang dalam Situation Report-64 yang dirilis pada Kamis (2/9/), dimana laporan itu dirilis rutin setiap pekannya oleh WHO. Tak hanya itu, kasus mingguan dan jumlah kematian pada 23-29 Agustus lalu terpantau juga mengalami penurunan.

“Pada 1 September, 10.337 kasus baru dan 4.100.138 kasus kumulatif nasional dilaporkan. Jumlah kasus mingguan dari 23 hingga 29 Agustus adalah 94.375, ada penurunan 25% dibandingkan minggu sebelumnya,” kata Organisasi Kesehatan Dunia.

“Per 1 September, Indonesia melaporkan 653 kasus kematian baru dan 133.676 jumlah kumulatif kematian COVID-19. Jumlah kematian mingguan dari 23 hingga 29 Agustus adalah 5.551, turun 37% dibandingkan ke minggu sebelumnya,” lanjutnya.

Lebih lanjut,Organisasi Kesehatan Dunia juga mendukung upaya Kementerian Kesehatan untuk melakukan rapat pemantauan. Dimana rapat itu digelar guna menindaklanjut tanggapan atas pengendalian virus COVID-19.

“Dari 23 hingga 25 Agustus, Organisasi Kesehatan Dunia mendukung Kementerian Kesehatan untuk melakukan rapat pemantauan guna mengkaji pelaksanaan Intra-Action Review (IAR) atau rekomendasi intra aksi. Selama rapat, respons untuk mencapai target dibagikan, tantangan terus-menerus dan kesenjangan diidentifikasi dan rekomendasi untuk sepuluh pilar tanggapan COVID-19 telah dirumuskan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi dan Ketua DPR RI Apresiasi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Provinsi Banten
Artikel sebelumyaIndonesia Kembali Terima Vaksin Pfizer, Datang Hampir 1,2 Juta Dosis
Artikel berikutnyaGubernur Wahidin Halim : Langkah KPK Sejalan Dengan Komitmen Anti Korupsi Pemprov Banten