Siap-Siap Tahun 2022 Ini, Bayar Tol Tanpa Stop Diberlakukan

Siap-Siap Tahun 2022 Ini, Bayar Tol Tanpa Stop Diberlakukan
Tangerang – Multi lane free flow (MLFF) atau yang dikenal dengan sistem bayar tol tanpa berhentiakan di berlakukan mulai tahun 2022. Sistem MLFF ini memungkinkan transaksi pembayaran tol dilakukan saat kendaraan sedang melaju. Itu artinya tidak ada lagi transaksi di pintu tol.

Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT Galuh Permana Waluyo mengatakan, targetnya MLFF diimplementasikan pada Desember 2022. Menurutnya, BPJT berharap penerapan bayar tol tanpa setop diimplementasikan secara keseluruhan paling lambat pada September 2023.

“Tahapan menuju penerapan MLFF ini dilakukan beberapa tahap, kita tidak akan langsung membuka seluruh gerbang tol, namun kita mencoba untuk tetap menggunakan gerbang-gerbang tol yang eksisting untuk digunakan sebagai transaksi free flow atau kita sebut Single Lane Free Flow (SLFF) untuk tahapan piloting-nya nanti,” ujar Galuh seperti dikutip Antara.

Pengguna Tol bisa memilih metode pembayaran setelah melakukan registrasi. Sistem ini nantinya bisa terintegerasi dengan berbagai pembayaran. Setelah melakukan registrasi pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi E-OBU hanya dengan menekan tombol mulai. E-OBU akan mengirim sinyal GPS ke MLFF pusat. GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan, serta memotong saldo secara otomatis.

E-OBU direkomendasikan bagi yang memiliki smartphone dan jarang bertukar kendaraan dengan orang lain. Setiap kendaraan yang hendak memasuki jalan tol harus sudah terdaftar dalam sistem, baik data kendaraan maupun pengguna. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi MLFF. Nantinya sistem MLFF ini akan menggunakan teknologi Global Navigation Satelite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Penggunaan GNSS ini sudah diterapkan di sejumlah negara Eropa Timur seperti Hungaria. Kelebihannya sistem bayar tol ini bisa membuat biaya operasi lebih efisien dan meminimalisir bahan bakar kendaraan.

Penerapan waktu transaksi di gerbang tol turun hanya menjadi 0 detik dari kegiatan transaksi gerbang tol dengan uang elektronik sebelumnya yang memakan waktu hingga sekitar 4 detik. Jika dilihat terdahulu, waktu transaksi dengan uang kartal adalah memakan waktu sekitar 10 detik.

Dengan diimplementasikannya sistem ini bayar tol tidak lagi perlu berhenti dan kendaraan dapat terus berjalan seperti biasa.

Artikel SebelumnyaReses Ke-2 Anggota DPR RI Banten Zulfikar H.,S.H., Serap Aspirasi Warga Serpong Utara
Artikel BerikutnyaJadwal Lengkap Proliga 2022, Berlangsung 7 Januari Hingga 27 Maret 2022