5 Manfaat Cincau untuk Kesehatan

Manfaat
Tak hanya nikmat dan menyegarkan, cincau juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Manfaat cincau berasal dari kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalamnya. Bahkan, bahan minuman ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakti kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Cincau merupakan bahan minuman yang terbuat dari ekstrak daun cincau. Ekstrak daun ini awalnya berbentuk cair, kemudian dapat mengental dan sedikit mengeras sehingga teksturnya menyerupai agar-agar. Cincau biasanya ditambahkan ke dalam berbagai jenis minuman, seperti es campur, es cincau, atau milk tea.

Manfaat Cincau bagi Kesehatan

Ada beragam manfaat cincau bagi kesehatan yang dapat diperoleh, yaitu:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Cincau dipercaya mampu menjaga fungsi dan kerja sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh senantiasa terhindar dari infeksi maupun penyakit. Hal tersebut dikarenakan cincau mengandung senyawa bioaktif, seperti klorofil, alkaloid, terandin, saponin, dan flavonoid.

Menurut sebuah penelitian, berbagai senyawa bioaktif dalam cincau berperan sebagai imunomodulator, yaitu untuk menjaga keseimbangan komponen dalam sistem kekebalan tubuh, misalnya kadar dan fungsi sel darah putih atau leukosit.

Mencegah diabetes

Sebuah uji klinis menyatakan bahwa mengonsumsi cincau dapat menjaga kadar gula darah. Khasiat ini diduga karena sifat antioksidan yang dimiliki cincau. Antioksidan dapat mencegah stres oksidatif yang diketahui sebagai salah satu pemicu penyakit diabetes melitus.

Serat yang terkandung dalam cincau juga berperan dalam menjaga keseimbangan kadar gula darah. Serat tidak dapat dipecah dan diserap oleh tubuh, sehingga konsumsinya tidak memicu lonjakan gula darah.

Memelihara kesehatan lambung

Berbagai macam kandungan senyawa bioaktif dan mineral dalam cincau, seperti flavonoid, saponin, polifenol, dan alkaloid juga diketahui bermanfaat dalam mencegah dinding lambung dari kerusakan, misalnya akibat meningkatnya asam lambung.

Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung

Cincau mengandung serat dan klorofil yang bermanfaat untuk mencegah hiperlipidemia. Kondisi ini ditandai dengan tingginya lemak jahat dalam darah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit di pembuluh darah dan jantung, seperti hipertensi, serangan jantung, bahkan stroke.

Namun, penelitian mengenai cincau dan manfaatnya dalam mencegah hiperlipidemia baru dilakukan pada hewan. Diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas cincau dalam mencegah hiperlipidemia pada manusia.

Menyembuhkan diare

Senyawa bioaktif dalam cincau juga mempercepat penyembuhan diare. Pada dosis tertentu, ekstrak daun cincau juga memiliki kemampuan menyembuhkan diare yang setara dengan loperamide atau obat diare.

Penelitian cincau sebagai obat diare tersebut baru dilakukan pada hewan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya pada manusia.

Untuk mendapatkan manfaat cincau di atas, pastikan Anda mengonsumsi cincau yang diproses dengan bersih dan tanpa tambahan bahan kimia maupun pemanis buatan.

Sejauh ini, belum ada nilai takaran yang aman untuk mengonsumsi cincau. Bila Anda hendak memanfaatkan cincau untuk konsumsi sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dulu agar jumlah asupannya tepat dan manfaat cincau pun dapat Anda peroleh dengan maksimal.

Artikel SebelumnyaBali United Raih 3 Poin Usai Kalahkan Persija pada Laga Perdana Liga 1 2022/2023
Artikel BerikutnyaKuasa Hukum Tantang Polisi: Mungkinkah Brigadir J Lecehkan Istri Ferdy Sambo?