Bersaing Dengan China Dan Rusia, Amerika Serikat Pantau Hubungannya Dengan Negara Mitra

Bersaing Dengan China Dan Rusia, Amerika Serikat Pantau Hubungannya Dengan Negara Mitra
Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Mark T Esper
JAKARTA, banten.indeksneqs.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat, Mark T Esper menyatakan, pihaknya akan secara sistematis memantau dan mengelola hubungannya dengan negara-negara mitra, yang bertujuan untuk mengoordinasikan militer dan juga untuk memajukan penjualan senjata Amerika Serikat.

Esper pun menggarisbawahi perlunya untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan negara demokrasi yang berpikiran sama seperti Indonesia.

Esper mencatat, dia telah bertemu dengan Menhan Indonesia Prabowo Subianto pada Senin lalu dan akan mengunjungi India pada pekan depan.

“Kita harus bersaing dengan China dan Rusia yang industri milik negaranya dapat mempercepat ekspor militer dengan cara yang kita tidak bisa, dan kita tidak pernah mau, dalam banyak kasus,” kata Esper seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (22/10/2020).

Dia pun menyambut baik inisiatif koalisi baru dengan kehadiran Menteri Pertahanan RI Letjen (Purn) Prabowo Subianto di Pentagon, Washington DC.

Lantas, Esper menyinggung soal China yang menggunakan paksaan dan perangkap keuangan untuk membangun aliansi dengan negara-negara lemah, seperti Myanmar, Kamboja, dan Laos.

“Semakin kecil negara dan semakin besar kebutuhannya, semakin berat tekanan dari Beijing,” pungkasnya.

Panduan untuk Pembangunan untuk Aliansi dan Kemitraan (GDAP). Inisiatif tersebut muncul hanya dua pekan sebelum pemilihan umum Amerika Serikat yang apabila Presiden Donald Trump kalah, publik akan menyaksikan Esper diganti pada Januari.

“Jaringan sekutu dan mitra Amerika Serikat memberi kita keuntungan asimetris yang tidak dapat ditandingi oleh musuh kita,” kata Esper. Dia menyebut jaringan itu sebagai “tulang punggung tatanan berbasis aturan internasional”.

Artikulli paraprakPrabowo Temui Menhan Austria, Bahas Jual Beli 15 Jet Eurofighter
Artikulli tjetërHasil Swab Positif Covid-19, Satu ASN di Pemkot Cilegon Lakukan Isolasi Mandiri