Bendung Katulampa Siaga II, Warga DKI Jakarta Diminta Waspada

Hari Ini Katulampa Siaga II, Warga DKI Jakarta Diminta Waspada
Bedung Katulampa Bogor Ft istw
JAKARTA, banten.indeksnews.com- Bendung Katulampa siaga 2 . Warga DKI Jakarta, khususnya yang tinggal di daerah rawan banjir diimbau waspada karena hujan deras yang melanda Kota dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sepanjang Sabtu (6/2/2021) malam hingga Jumat (7/2/2021) dini hari WIB, membuat Bendungan Katulapa, Bogor, mengirimkan banyak air ke Jakarta.

Dikutip dari laman poskobanjirdsda.jakarta.go.id, pada pukul 08:00 WIB, status Bendung Katulampa siaga 2 berwarna kuning dengan ketinggian air 120 sentimeter.

Pada pukul 06:00 WIB, ketinggian air bendung Katulampa siaga 2 mencapai 130 sentimeter.

Status berwarna kuning menandakan kalau status bendung itu berada pada status Siaga II, sehingga sejumlah wilayah di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung di Jakarta dapat banjir.

Status Pintu Air Pesanggarahan berwarna hijau dengan ketinggian 105 sentimeter, atau dalam status normal. Sementara status Pintu Air Depok berwarna hijau atau normal dengan ketinggian air 164 sentimeter.

Status Pintu Air Manggarai juga hijau dengan ketinggian air 656 sentimeter.

Pantauan di Sungai Ciliwung yang melewati kawasan Cilebut Timur, Kabupaten Bogor, terlihat, arus sungai mengalir deras, bahkan bergolak, dengan air berwarna coklat.

Ketinggian muka air sungai dengan tinggi permukaan sungai hanya belasan sentimeter.

Dalam keadaan normal, sungai ini berbatu-batu dengan air mengalir di sela-selanya. Pagi ini batu-batu itu tak terlihat karena ditenggelamkan ketinggian air dan arus yang deras serta bergolak.

Kondisi sungai “yang mengerikan” itu menjadi tontonan warga.

Air yang berasal dari Katulampa tersebut tiba di Jakarta dalam waktu 9-12 jam.

BMKG meramalkan, sepanjang hari ini wilayah Kabupaten dan Kota Bogor masih berpotensi diguyur hujan berintensitas sedang hingga lebat.

Di Kota Bogor berpotensi hujan sedang pada siang hari dan hujan ringan pada siang hari dengan suhu 20-27 derajat Celcius dan kelembaban udara 75-95%.

Wilayah Cisarua Kabupaten Bogor, berpotensi hujan ringan pada siang dan malam hari dengan suhu 19-27 derajat Celcius dan kelembaban udara 75-95%.

Wilayah Gadog, Kabupaten Bogor, berpotensi hujan sedang pada siang hari dan hujan ringan pada malam hari dengan suhu 19-27 derajat Celcius dan kelembaban udara 75-95%.

Artikulli paraprakBPBD Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Pergerakan Tanah Ciherang Sukabumi
Artikulli tjetërVideo Pengakuan Terduga Teroris Mengaku Berbaiat Dipimpin Munarman, Polisi: Materi Penyidikan Densus