Beri Obat Kadaluarsa ke Balita, Dinkes Kota Tangerang Minta Maaf

Beri Obat Kadaluarsa ke Balita, Dinkes Kota Tangerang Minta Maaf
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menyampaikan permohonan maaf terkait kasus sejumlah balita yang mengalami muntah hingga demam tinggi usai diberikan obat penurun panas yang sudah kedaluwarsa dari Posyandu Bunga Kenanga, Kecamatan Karang Tengah.

Kepala Dinkes, Dini Anggareni menjelaskan bahwa awalnya pada Senin, 8 Agustus 2022 petugas puskesmas menemukan tiga obat PCT drop kedaluarsa di dalam tas posyandu, kemudian langsung dipisahkan dan berencana diserahkan ke petugas Farmasi Puskesmas. Namun, saat sampai puskesmas, petugas tersebut lupa menyerahkan kepada petugas Farmasi Puskesmas.

“Kami sangat menyayangkan kejadian ini dan memohon maaf sebesar-besarnya kepada para keluarga atas kelalaian pengelolaan yang terjadi di luar Gedung Puskesmas,” kata Dini, Rabu (10/8/2022).

Dini pun menjelaskan, seluruh petugas baik petugas Posyandu, Puskesmas, Ketua Mutu, UKP, UKM hingga Dinkes langsung melalukan pembahasan untuk menelusuri lebih jauh kejadian tersebut dan segera menindaklanjuti serta melakukan perbaikan atas kondisi kelalaian yang terjadi.

“Petugas sudah langsung melakukan kunjungan ke rumah pasien, serta meninjau dan memeriksa langsung kondisi Arkaa pasca minum obat tersebut. Petugas juga langsung memberikan obat pengganti dan pendukung pemulihan Arkaa. Sambil dilakukan peninjauan lanjutan,” jelas dr Dini.

Dijelaskan Dini, pihaknya juga langsung memberikan obat pengganti dan pendukung kondisi pemulihan. Sedangkan untuk petugas puskesmas juga mendapatkan teguran sekaligus surat teguran yang ditujukan untuk Kepala Puskesmas agar lebih teliti atas pengelolaan di dalam maupun di luar Puskesmas.

“Diketahui, Posyandu sudah tidak aktif 2 tahun karena pandemi. Obat yang lama ini belum sempat dilaporkan atau dikembalikan ke petugas farmasi di puskesmas. Sekali lagi, Kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga pasien,” lanjutnya

Artikel SebelumnyaPelaku Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Akhirnya Ditangkap
Artikel BerikutnyaAnak Pemilik Bengkel di Tangerang Hangus Terbakar karena Tidak Berani Loncat dari Lantai 2