Cacar Monyet: WHO Menyatakan Keadaan Darurat Kesehatan Global

Cacar Monyet
Wabah cacar monyet telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Klasifikasi tersebut adalah peringatan tertinggi yang dapat dikeluarkan WHO dan mengikuti peningkatan jumlah kasus di seluruh dunia.

Pernyataan  tersebut muncul pada akhir pertemuan kedua komite darurat WHO tentang virus.

Lebih dari 16.000 kasus kini telah dilaporkan dari 75 negara, kata direktur jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Sejauh ini ada lima kematian akibat wabah tersebut, tambahnya.

Pada saat ini ada dua keadaan darurat kesehatan lainnya seperti  pandemi virus corona dan upaya yang berkelanjutan untuk memberantas polio.

Dr Tedros mengatakan komite darurat tidak dapat mencapai konsensus tentang apakah wabah cacar monyet harus diklasifikasikan sebagai darurat kesehatan global.

Namun, dia mengatakan wabah itu telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat dan dia telah memutuskan bahwa itu memang menjadi perhatian internasional.

Masih sangat sedikit yang dipahami tentang cara penularan virus baru yang memungkinkannya untuk menyebar, kata Dr Tedros.

“Penilaian WHO, risiko cacar monyet adalah merata secara global dan di semua wilayah, kecuali di kawasan Eropa, di mana kami menilai risikon yang lebih tinggi,” tambahnya.

Ada juga risiko yang jelas dari penyebaran internasional lebih lanjut, meskipun risiko gangguan lalu lintas internasional masih rendah untuk saat ini, katanya.

Dr Tedros mengatakan deklarasi itu akan membantu mempercepat pengembangan vaksin dan penerapan langkah-langkah untuk membatasi penyebaran virus.

WHO juga mengeluarkan rekomendasi, yang diharapkan akan memacu negara-negara untuk mengambil tindakan untuk menghentikan penularan virus dan melindungi mereka yang paling berisiko.

“Ini adalah wabah yang dapat dihentikan dengan strategi yang tepat dalam kelompok yang tepat,” kata Dr Tedros.

Artikel SebelumnyaInilah Bahan Pemutih yang Aman untuk Kulit Anda
Artikel Berikutnya22 Tewas Akibat Banjir Bandang di Iran Selatan