Daun Binahong Bikin Wajah Cantik dan Mengencangkan Kulit

Daun Binahong Bikin Wajah Cantik dan Mengencangkan Kulit
Daun binahong, yang memiliki nama latin Bassela rubra, adalah salah satu tanaman yang sebenarnya tidak sulit ditemukan di Indonesia. Tanaman ini tumbuh merambat di area seperti pekarangan rumah. Namun, sebagian orang menganggap tanaman binahong sebagai tanaman liar. Siapa sangka, tanaman yang dipandang sebelah mata ini memiliki manfaat untuk kecantikan.

Daun Binahong menjadi salah satu tanaman herbal yang dapat mengatasi macam penyakit, hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki sumber zat besi, kalsium, vitamin C hingga vitamin A. Banyak yang tidak tahu jika daun binahong sebenarnya bisa digunakan untuk pertawan wajahmu. Daun yang tumbuh subur di Indonesia, Korea Selatan, China, dan Madagaskar ini wujudnya mirip dengan daun sirih.

Salah satu manfaat daun ini untuk wajah ialah mengatasi masalah jerawat hingga bekasnya yang berupa bintik-bintik hitam dan berlubang atau bopeng. Untuk mengatasi jerawat hingga bopeng, sahabat Fimela bisa membuat daun ini sebagai masker wajah.

Melansir berbagai sumber, cara untuk mengaplikasikannya hanya perlu tumbuk 4 hingga 5 daun binahong sampai halus. Lalu, oleskan daun binahong yang sudah ditumbuk tersebut pada area wajah selama sekitar 10 menit, kemudian bersihkan dengan air suhu normal.Lakukan hal ini secara rutin.

Selain untuk jerawat dan bopeng, juga bermanfaat untuk perawatan wajah seperti:

1. Mengencangkan kulit

Selain direbus, bisa juga dimakan secara langsung sebagai lalapan. Daun ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan menghilangkan kerutan. Caranya, ambil 10 helai daun binahong lalu dihaluskan. Setelah itu bisa campurkan madu dan jadikan sebagai masker wajah.

2. Memutihkan wajah

Dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Mengolahnya pun cukup simpel.Bisa rebus daun binahong dan air rebusan itu diminum setelah dingin.

3. Membersihkan muka

Melakukan aktivitas di luar rumah bisa menyebabkan wajah kotor. Jika tak dibersihkan bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Nah, bisa menggunakan rebusan daun binahong untuk membersihkannya. Lakukan secara rutin dan rasakan khasiatnya.

4. Menghilangkan komedo

Air rebusan daun binahong dapat menghilangkan komedo yang menganggu. Saat cuci muka, bisa memakai rebusan daun binahong dan lakukan secara rutin sehari tiga kali.

5. Menghaluskan kulit wajah

Daun ini memiliki manfaat menghaluskan wajah. Perawatan ini minim risiko karena menggunakan bahan alami. Anda hanya perlu menyiapkan 20 lembar dan rebus dengan air 500 ml. Setelah dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk mencuci wajah. Lakukan secara rutin dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari.

Meskipun ternyata memiliki banyak kebaikan, ternyata ada efek samping yang harus diperhatikan sebelum mencoba khasiat daun ini.

Daun binahong tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan teh, kopi, dan kacang kola karena hal ini bisa menyebabkan

  • pusing,
  • insomnia,
  • mual dan muntah,
  • gelisah, dan
  • jantung berdebar.

Selain itu, ibu hamil atau yang sedang menyusui juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daun ini karena tidak aman untuk sang ibu dan anak.

Mengonsumsi binahong juga tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki masalah angina karena dapat memperburuk kondisi orang tersebut.

Artikulli paraprakAmbruknya Tembok GOR Mampang Tewaskan 2 Pekerja Akhirnya Berbuntut Panjang
Artikulli tjetër4 Orang Korban Pohon Tumbang di Bogor, Satu Orang Kritis