Disdik Kabupaten Sukabumi Himbau Lembaga PAUD Gunakan BOP 2021 Sesuai JUKNIS dan RKAS

Disdik
Foto Dok : Kepada Disdik Kabupaten Sukabumi Mohamad Solihin, M.Pd, didampingi Kabid Paud Dikmas Dadang Supendi, S.Pd. MM., Kepala Seksi Paud Elis Sajaah, M.Pd, dan PNF PAUD Wilayah Lengkong Cece Subarna, S.Pd. Bimtek, saat Bimtek RKAS BOP PAUD 2021.
JABAR, banten.indeksnews.com-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menghimbau seluruh Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Kesetaraan (PK) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Agar menggunakan Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) Tahun 2021, sesuai peruntukannya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi Mohamad Solihin, M.Pd, melalui Kepala Bidang Paud Dikmas Dadang Supendi, S.Pd. MM., himbauan penggunaan anggaran BOP harus sesuai pada juklak jeknis (JUKNIS) BOP PAUD yang mengacu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 15/2021 sebagai ralat Permendikbud Nomor 9 Tahun 2021.

“Alhamdulillah, dengan segala upaya dan harap semua, BOP tahun 2021 untuk Lembaga Satuan Pendidikan PAUD dan Lembaga Pendidikan Kesetaraan, sudah masuk dan bisa digunakan seusai Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang menunjuk ke JUKNIS BOP PAUD sesuai Permendikbud Nomor 9 Tahun 2021,” kata Dadang Supendi, S.Pd. MM., Kabid Paud Dikmas Disdik Kabupaten Sukabumi, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp, Minggu 11 Juli 2021.

Disdik
Foto Dok/FB @Dadang Supandi : Kepala Bidang Paud Dikmas Dadang Supendi, S.Pd. MM.,

Sebagai Kabid Paud Dikmas Disdik Kabupaten Sukabumi, Dadang terus berupaya memberikan edukasi dan pemahaman tentang penggunaan dan pemanfaatan anggaran BOP ini, baik SPS, TK, TPA, Kober, Juga PKBM. Agar menggunakan anggaran sesuai JUKNIS yang tertuang dalam RKAS.

“Upaya kami (Disdik Kabupaten Sukabumi) terus disampaikan kepada semua lembaga, mulai dari mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang RKAS bagi Lembaga PAUD dan TK se-Kabupaten. Bimtek dilaksanakan secara bertahap di setiap Kecamatan, untuk lebih menerapkan protokol kesehatan (prokes) ditengah pandemi Covid-19,” pungkas Dadang Supendi.

Dikonfirmasi sebelumnya, Mohamad Solihin, M.Pd, Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi, menyampaikan bahwa hak untuk mengelola BOP tahun 2021, merupakan hak pengelola sepenuhnya sesuai RKAS yang memang sudah disesuaikan kebutuhan setiap lembaga.

“BOP harus selalu dalam batasan rel yang mengacu pada RKAS, sementara untuk perubahan RKAS harus ada landasan hukum yang kuat terlebih dahulu. Kami berharap RKAS untuk setiap lembaga bisa berjalan normal, demikian dengan BOP PAUD dan TK di Kabupaten Sukabumi,” harap Mohamad Solihin.

Mohamad Solihin, menjelaskan bahwa dalam Bimtek tersebut mensosialisasikan Permendikbud RI Nomor 9 tahun 2021, tentang petunjuk teknis (JUKNIS) pengelolaan dana BOP PAUD, Mulai dari dasar hukum dimana dapat tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran (APBN) 2021.

Disdik
Foto Dok/Diskominfo : Pj Sekda Kabupaten Sukabum, saat kunjungan rakor ke Disdik Kabupaten Sukabumi, Juli 2021.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 197 PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas PMK 48/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik. Permendikbud RI Nomor  9 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOP Penyelenggaraan PAUD dan Dana BOP Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan.

“Alhamdulillah, BOP PAUD sudah masuk dan diberikan kepada Satuan Pendidikan Penyelenggara PAUD yang terdiri dari TK, KOBER, TPA dan PKBM. Dengan syarat satuan pendidikan penerima BOP PAUD di anataranya memiliki NPSN yang terdata pada Dapodik, mengisi dan melakukan sinkronisasi data Dapodik, memiliki rekening bank atas nama satuan pendidikan, memiliki NPWP atas nama satuan pendidikan, memiliki paling sedikit 9 peserta didik,” papar Mohamad Solihin.

Lebih lanjut, Mohamad Solihin merincikan untuk penetapan satuan pendidikan penerima dilakukan setiap tahap penyaluran berdasarkan Dapodik yang telah diverifikasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kemudian, mekanisme pencairan dana dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) baru selanjutnya ke rekening penerima BOP PAUD,” beber Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi.

Mohamad Solihin menyatakan bahwa ke depan akan terealisasi pengangkatan Pengawas Non Formal (PNF) yang ditugaskan di setiap Kecamatan, adapun sejumlah PNP sebanyak 41 orang.

“Pengangkatan puluhan PNF tersebut, bertujuan untuk memperingan kerja dan mempermudah koordinasi di lapangan, untuk memenuhi satu PNF PAUD di setiap per+Kecamatan,” tandas Mohamad Solihin.

Untuk diketahui, Disdik Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan Bimtek RKAS Lembaga PAUD dan TK se-Kecamatan Lengkong yang dipusatkan di Aula TK Dharmanaya Aisyiyah Kecamatan Lengkong, Juli 2021.

Bimtek dihadiri langsung Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi Mohamad Solihin, M.Pd, Kepala Bidang Paud Dikmas Dadang Supendi, S.Pd. MM., Kepala Seksi Paud Elis Sajaah, M.Pd, dan PNF Paud Wilayah Lengkong Cece Subarna, S.Pd. Bimtek diikuti 33 Lembaga PAUD dan TK 40 orang peserta se-Kecamatan Lengkong.**

Artikel SebelumnyaModerna sebagai Vaksin Dosis Ketiga Untuk Tenaga Kesehatan
Artikel BerikutnyaPetani di Nyalindung Kab Sukabumi, Kebingungan Dengan Jumlah Kuota Pupuk Subsidi Yang Disediakan Kios Pupuk, Kartu Tani Seakan Tidak Berguna