Eko Hartono Konjen RI Jeddah imbau calon Jemaah dan operator umrah patuhi aturan

Eko Hartono Konjen RI Jeddah imbau calon Jemaah dan operator umrah patuhi aturan
Konjen RI Eko Hartono saat beri keterangan ft Istimewa
JAKARTA, banten.indeksnews.com  – Konsul Jenderal Konjen RI Jeddah Eko Hartono mengimbau calon jemaah umrah dan operator umrah penyelenggara perjalanan umrah (operator travel) agar mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia.

Hal itu disampaikan Konjen RI Jeddah . Eko Hartono saat melepas rombongan jemaah perdana Rabu, 4 November 2020 untuk menunaikan ibadah umrah setelah 3 hari menjalani karantina di tempat penginapan yang telah disediakan oleh pihak muassasah.

Menurut Konjen RI Eko Hartono , rombongan jemaah perdana dan operator umrah ini bisa dibilang sebagai penentu apakah peluang akan semakin terbuka lebar bagi jemaah umrah berikutnya atau sebaliknya.

Konjen juga mengingatkan agar jemaah beserta operator umrah berdisiplin menjaga kepercayaan Pemerintah Arab Saudi yang telah diberikan kepada jemaah Indonesia.

“Patuhi sungguh-sungguh protokol kesehatan. Kedisiplinan itu demi kebaikan kita semua. Konsisten menjaga kepercayaan yang diberikan pemerintah setempat, berarti turut menjaga nama baik bangsa dan negara,” pesan Konjen RI Jeddah.

Waktu pelaksanaan umrah yang sedianya dijadwalkan pada pukul 16:00 waktu setempat diundur karena terjadi hujan lebat disertai angin hingga menjelang waktu magrib.

Rombongan jemaah perdana yang berjumlah 224 mendarat dengan Saudia Airlines, 1 November 2020. Mereka kemudian menjalani karantina selama 3 hari di dua hotel di Mekkah. Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan mereka sebelum dilepas menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah umrah.

Penginapan juga telah diatur ketat oleh pemerintah setempat. Satu kamar hanya dihuni maksimal 2 orang. Katering juga tidak boleh dalam bentuk prasmanan, melainkan dalam paket yang diantar ke tiap kamar jemaah.

Seperti diberitakan, pemerintah Arab Saudi telah menerbitkan aturan bagi jemaah umrah dari luar negeri selama masa pandemic. Ketentuan tersebut, antara lain, pembatasan usia antara 18-50 tahun, bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil tes PCR yang berlaku 72 jam sejak pengambilan sampel, terdaftar pada aplikasi Eatamarna dan tiket pesawat pergi-pulang yang telah terkonfirmasi.

Artikulli paraprakKepala Desa Lebak Wangi Nekat Mengakhiri Hidupnya Dengan Gantung Diri
Artikulli tjetërDaya Tahan Tubuh Anda Berkurang?, Atasi Dengan Cara Ini!