Geopark Belitong Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark

Geopark Belitong Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark
GEOPARK BELITONG FT ISTW
JAKARTA, banten.indeksnews.com- Geopark Belitong ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark, merupakan upaya bersama pemerintah pusat dan daerah maupun akademisi, pemuda dan masyarakat lokal.

Indonesia berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya perlindungan dan pelestarian situs geopark termasuk geopark belitong. Di saat yang sama, memanfaatkan kekayaan situs tersebut untuk mempromosikan ekonomi masyarakat lokal secara berkelanjutan.

UNESCO mengakui keberagaman geologis di Pulau Belitong dan kepulauan sekitarnya. Geopark Belitong juga dinilai memiliki keunikan dengan adanya keterkaitan kuat antara aspek geologis, biologis, dan budaya.

Ditemukannya fosil Ostrea sp. yang menempel didinding batuan granit dengan ketinggian 1,5 – 2,5 m di atas permukaan laut bisa dijadikan acuan menggambarkan posisi muka air laut purba.

Kepulauan Bangka Belitung relatif berumur tua yang muncul ke permukaan laut pada kisaran 15-30 juta tahun yang lalu sebagai hasil dari aktivitas tektonik dan perubahan muka air laut.

Batuan tersebut muncul karena adanya proses pengangkatan kemudian retak dan tererosi atau terabrasi. Bentang alam ini tidak terdapat disembarang tempat di Indonesia, beruntung sekali Belitung adalah salah satu tempat yang memiliki keindahan tor granit tersebut.

Batu granit yang banyak tersebar di Pulau Belitung muncul di permukaan seolah berupa bongkah batuan yang terpisah. Padahal bongkah batu granit raksasa ini hanya bagian atas dari tubuh sangat besar batu granit yang ada di bawah permukaan bumi.

Selamat Untuk Bangka Belitung

Artikulli paraprakPemekaran Bogor Timur Sudah Dapat Restu Gubernur Jabar dan Bupati Bogor
Artikulli tjetërAyah Mertua Dian Sastro Pemeran Ada Apa Dengan Cinta, Wafat