KKP Resmi Larang Ekspor Benih Lobster, Ini Kata Ombudsman

JAKARTA,banten.indeksnews.com-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) resmi melarang ekspor benih lobster. KKP hanya memperbolehkan ekspor lobster serta tangkapan laut dengan standar ukuran konsumsi.

Dilansir dari tempo.com, keputusan KKP ini untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Ombudsman RI. Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan KKP memastikan, pihaknya akan bersiaga mengawal agar tidak ada benih lobster yang ke luar negeri secara ilegal.

Sebelumnya, Ombudsman lebih dulu menyampaikan hasil Rapid Assessment terkait Tata Kelola Ekspor Benih Bening Lobster (BBL).

“Pak Menteri Kelautan dan Perikanan sudah bersurat kepada Bapak Kapolri untuk menjaga agar benih lobster tidak keluar secara ilegal. Agar dapat fokus pada budidaya lobster yang menyejahterakan masyarakat kelautan Indonesia,” kata Rina dalam keterangan tertulisnya.

Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika mengatakan, latar belakang dilaksanakannya kajian ini adalah hasil deteksi dini dan penelusuran informasi oleh Ombudsman RI, yang mengarah pada munculnya empat potensi maladministrasi.

“Pertama, adanya diskriminasi pemenuhan kriteria sebagai nelayan penangkap BBL serta proses penetapan eksportir BBL dan nelayan BBL. Kedua, adanya permintaan imbalan pada pemenuhan persyaratan teknis penetapan eksportir BBL dan penetapan nelayan penangkap BBL,” ungkap Yeka.

Artikulli paraprakLiga Super Eropa Besutan 12 Tim Elite Raksasa, Dikecam UEFA dan FIFA Dengan Memberi Sanksi Tegas
Artikulli tjetërHeboh Video dan Rekaman Suara Aksi Gangster di Babelan Bekasi, Sudah Ada Korbannya Kena Bacok