Kolesterol Jahat Bisa Picu Serangan Jantung, Turunkan Dengan Makanan Ini

Lalapan atau tanaman yang biasa kita konsumsi mentah ternyata banyak mengandung manfaat bagi tubuh, pada tanaman tersebut mengandung serat yang bisa menurunkan kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

Kolesterol jahat sendiri merupakan zat lilin yang ditemukan di tubuh Anda dan produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Beberapa orang yang memiliki masalah kolesterol pasti menurunkan kadar kolesterolnya dengan mengonsumsi beberapa lalapan.

Lalapan ini bisa dikonsumsi setiap hari dan mudah dimasukkan ke menu harian tanpa mengorbankan rasa atau kesenangan. Pasalnya, Anda bisa mengonsumsinya baik secara langsung, atau disantap bersama sambal.

Anda dapat menurunkan kolesterol baik melalui olahraga, tetapi dalam hal diet, ada beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat.

Penasaran lalapan apa saja yang dapat menurunkan kolesterol tinggi? . Berikut daftar lalapan yang bisa menurunkan kolesterol jahat seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022).

1. Terong

Kolesterol Tinggi Bisa Picu Serangan Jantung, Turunkan Dengan Makanan Ini

Terong kaya akan serat. 100 gram terong mengandung 3 gram serat. Asosiasi Jantung Amerika (AHA) menunjukkan, serat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Terong juga mengurangi risiko pengembangan penyakit jantung, stroke, obesitas dan diabetes tipe 2. Di Thailand, terong hijau dipakai untuk bahan obat tradisional karena dapat meningkatkan kolesterol baik.

2. Buncis

Kolesterol Tinggi Bisa Picu Serangan Jantung, Turunkan Dengan Makanan Ini

Selain ditumis bersama bahan tambahan seperti daging cincang, bakso atau sosis, buncis rebus memberikan manfaat untuk kesehatan. Kandungan serat pada buncis mampu menurunkan kolesterol jahat.

3. Kol

Kolesterol Tinggi Bisa Picu Serangan Jantung, Turunkan Dengan Makanan Ini

Lalapan satu ini mengandung zat yang disebut fitosterol yang dipercaya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dengan menghalangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.

4. Bayam

Kolesterol Tinggi Bisa Picu Serangan Jantung, Turunkan Dengan Makanan Ini

Bayam dikemas penuh dengan vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama dalam hal mengelola kesehatan jantung. Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh. Hal ini karena serat dan kolesterol akan saling menempel sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol.

5. Daun Kemangi

Kolesterol Tinggi Bisa Picu Serangan Jantung, Turunkan Dengan Makanan Ini

Minyak esensial daun kemangi bisa membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Daun ini juga mengandung magnesium, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah menjadi rileks.

Artikel SebelumnyaMama Muda Meninggal Saat Ikuti Balap Karung HUT ke 77 Kemerdekaan RI di Tasikmalaya
Artikel BerikutnyaMobil Dinas Baru Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon Disentil Netizen: Fasilitas Mewah Jalan Rusak Parah