Manfaat Susu Kedelai untuk Asam Lambung

susu kedelai
Sebagian orang mungkin belum mengetahui manfaat susu kedelai untuk asam lambung. Susu ini diketahui mengandung rendah lemak dan memiliki senyawa aktif yang mampu mengatasi gejala naiknya asam lambung. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sama halnya dengan tahu, susu kedelai adalah produk olahan kacang kedelai. Susu ini kaya akan protein nabati dari kacang kedelai, sehingga baik dikonsumsi sebagai alternatif pengganti produk susu.

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, susu ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengurangi gejala yang muncul akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Ini Manfaat Susu Kedelai untuk Asam Lambung

Saat asam lambung naik, penderitanya akan merasakan sensasi terbakar di dada dan rasa asam di mulut. Pemicu naiknya asam lambung beragam, misalnya karena konsumsi makanan tinggi lemak dan makanan yang terlalu pedas atau asam.

Namun, jenis makanan atau minuman tertentu justru bisa meringankan gejala asam lambung naik. Susu ini termasuk salah satu jenis minuman yang baik untuk penderita penyakit asam lambung atau GERD.

Menurut beberapa studi, susu kacang kedelai memiliki tingkat lemak yang lebih rendah daripada susu hewani, misalnya susu sapi. Karena kandungan lemaknya yang rendah, konsumsi susu nonhewani tidak memicu penyakit asam lambung kambuh.

Selain itu, susu kedelai juga kaya akan protein dan kalsium yang bisa menetralkan asam lambung. Kemampuan susu kacang kedelai ini diketahui bisa meredakan gejala GERD.

Cara Membuat Susu Kedelai di Rumah

Setelah mengetahui manfaat susu kacang kedelai untuk asam lambung, mari ketahui bagaimana cara membuatnya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Rendam 280 gr kacang kedelai semalaman
  • Masukkan kacang kedelai dan 12 cangkir air ke panci, kemudian rebus selama 10 menit
  • Aduk hingga teksturnya lembut, lalu didihkan dengan api kecil selama 40 menit
  • Saring susu kedelai dengan kain tipis
  • Susu kedelai siap Anda dan keluarga nikmati

Susu kacang kedelai ini dapat bertahan hingga 1 minggu. Jika rasa susu terasa hambar, Anda bisa menambahkan sejumput garam atau gula untuk memberikan rasa. Anda bisa langsung meminumnya, mengonsumsinya bersama sereal, atau mengolahnya menjadi smoothies.

Meski baik untuk asam lambung, konsumsi susu ini tidak dianjurkan bagi orang yang alergi terhadap kacang. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki riwayat alergi kacang, konsumsi susu kacang kedelai tergolong aman, kok.

Bila Anda menderita penyakit asam lambung dan ingin mengonsumsi serta mendapatkan manfaat susu kedelai untuk asam lambung, cobalah konsultasikan ke dokter lebih dulu untuk memastikan keamanan konsumsinya.

Artikel SebelumnyaCoki Pardede Bebas Namanya Kini Trending di Twitter
Artikel BerikutnyaGeger! Mayat Wanita dalam Karung Plastik Ditemukan di Serang