Pembuat Konten Hoaks di SnackVideo Tentang Petinggi Polri Dapat Keuntungan Cukup Besar

Konten Hoaks
Pelaku pembuat konten hoaks di SnackVideo tentang petinggi Polri mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Hal ini dikatakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

“Pelaku (pembuat konten hoaks) sudah menjadi tersangka itu melakukan hal tersebut untuk mencari keuntungan, cukup besar. Sekali upload kalau ada yang (nonton) ini, satu orang itu Rp50 ribu. Jadi cukup banyak dia dapat,” ujar Zulpan, Jumat (29/7/2022).

“Kemarin kita tampilkan (barang bukti) buku rekeningnya,” imbuhnya.

Namun demikian, Zulpan tidak merinci jumlah keuntungan yang pelaku dapatkan dari perbuatannya. “Saya tak bisa sebutkan keuntungannya dari pelaku ini. Jadi cukup banyak,” ucapnya.

Zulpan menjelaskan, pelaku ditangkap karena membuat konten hoaks yang melanggar aturan lantaran berisi sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan dan menyebabkan kegaduhan.

“Cara yang didapat itu adalah dengan menabrak aturan hukum, dimana dia mengedit, mengubah, dan sebagainya, sehingga tercipta suatu tayangan atau upload-an dalam unggahan yang dia naikkan di media tersebut tidak real dengan kenyataan. Bahkan menyebabkan keonaran dan sebagainya,” pungkasnya.

Artikel SebelumnyaFantastis! Yayasan ACT Terima Donasi Sejak Tahun 2005 Senilai Rp 2 Triliun
Artikel BerikutnyaObat Ilegal Senilai Rp 3,7 Miliar Diamankan BBPOM Serang