Penerapan PPKM Mikro Baru Sepekan, Bupati Sukabumi Akui Kasus Covid-19 Menurun

PPKM
SUKABUMI,banten.indeksnews.com_ Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan perkembangan Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, dinilai dapat berhasil menekan penurunan laju kasus covid 19 di 123 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Meskipun, Airlangga Hartarto menjelaskan, dalam kebijakan tersebut baru berjalan sepekan. Tapi semua bisa terwujud dengan kepedulian bersama. Hal itu diungkapkannya kepada Pemerintah Daerah dalam agenda rapat koordinasi terbatas terkait perkembangan pelaksanaan PPKM mikro, secara vicon, Selasa (16/02/21) kemarin.

“Akan kami dorong dan evaluasi PPKM mikro ini. Bahkan, bisa kami lanjutkan pelaksanaannya,” ujar Airlangga.

Lanjut Airlangga, keberhasilan PPKM mikro, disebabkan adanya penguatan kepedulian hingga di tingkat RT/RW. Bahkan, sistem zonasi kasus Covid-19 pun dilakukan di tingkat RT/RW. Hingga penetapan zonasi harus di data oleh masing masing daerah melalui keterlibatan dari tingkat bawah.

“Semua harus terintegrasi mulai dari tingkat bawah hingga atas,” kata Airlangga.

PPKM
Foto Dokumentasi Diskominfo & Persandian Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sementra itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian mengatakan, penerapan PPKM mikro harus konsisten dan terus disempurnakan. Selain itu, dari sisi manajemen pelaporan hasilnya pun harus benar dan sesuai tingkatan.

“Perlu adanya peningkatan aturan juga, dari peraturan kepala daerah dinaikan menjadi Perda. Lewat Perda, aturannya bisa mengikat dan ada efek hukumnya,” tegas Tito Karnavian.

Dalam meningkatkan keberhasilan PPKM mikro ini, kata Tito Karnavian perlu adanya evaluasi dan monitoring. Maka dari itu, perlu adanya arahan Kepala Daerah sebagai pucuk kebijakan di daerah. Selain itu, Mendagri meminta adanya koordinasi di setiap daerah dengan semua stakeholder. Khususnya yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Misalnya, koordinasi dengan pemilik area wisata, tempat-tempat yang dianggap kerap adanya kerumunan. Sehingga, kepatuhan dalam menerapkan prokes bisa ditingkatkan dan kasus Covid-19 bisa ditekan,” papar Tito Karnavian.

iklan dprd 681x342 1

Menanggapi pemberlakuan PPKM, Bupati Sukabumi Marwan Hamami disela mengikuti rakor tersebut secara virtual dari Gedung Pendopo Sukabumi, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus mengikuti setiap arahan dan kebijakan pusat. Termasuk
pasca penerapan PPKM mikro, kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten dinilai mengalami penurunan.

“Mulai anjuran meningkatkan dari Peraturan Kepala Daerah ke Perda, kita mencoba melaksanakan juga. Kita sudah menginstruksikan agar berkoordinasi dengan legislatif terkait pembahasan Perda tersebut,” papar Marwan.

Marwan berharap, masyarakat dalam hal ini bisa lebih paham secara global bahaya virus Covid-19. Untuk menekanya, pihaknya menekan dan terus mengajak kepada masyarakat turut berperan aktif dalam penanggulangan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Semoga masyarakat bisa berperan aktif. Sehingga, covid-19 bisa cepat hilang dan tertanggulangi dengan cepat,” pungkas Marwan.**

Artikulli paraprakKebakaran Hebat di Ciraden Sukabumi, Hanguskan 4 Bangunan Penggilingan Padi
Artikulli tjetërPeduli Bencana Pergeseran Tanah Ciherang Sukabumi, Anwar Sadad Politisi PKB Salurkan Bantuan