Perayaan Idul Fitri di Jalur Gaza, Diwarnai Dentungan Ledakan Bom Udara

PALESTINA,banten.indeksnews.com-Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 yang jatuh pada Kamis (13/5) besok, Situasi di Jalur Gaza, Palestina bergemuruh detungan suara bergema ledakan dari senjata pertempuran antara Israel dan Hamas.

Dalam pertempuran Israel dan Hamas disela Idul Fitri terpantau sejak Senin (10/5) malam, tercatat sebanyak 26 warga Palestina, diantranya sembilan anak-anak dan seorang perempuan meninggal akibat serangan bom udara Israel di jalur Gaza.

Dilansir dari Arab News, ketegangan pertempuran diakhir Ramadhan yang memaksa memakan korban anak-anak dan perempuan tak berdosa, terjadi menyusul aksi protes di Yerusalem Timur atas rencana untuk mengusir warga Palestina dari rumah mereka di wilayah itu.

Pertempuran semakin membabi buta dan memburuk saat pengunjuk rasa dan polisi Israel bentrok di sekitar Masjid Al-Aqsha, di mana pasukan keamanan saat itu juga menyerang jamaah yang sedang melaksanakan ibadah sholat tarawih.

Situasi tersebut sempat terekam dalam durasi video dan beredar pada Selasa (11/5). Video tersebut menunjukkan bagaimana pasukan Israel secara langsung menembakkan gas air mata dan granat kejut kepada warga Palestina.

Hal itu membuat Hamas, faksi politik Palestina di Jalur Gaza memberi peringatan kepada Israel dan mengirim tembakan roket ke Israel. Sebagai balasan, Israel meluncurkan serangan udara.

Konflik yang terjadi membuat suasana akhir puasa Ramadhan 1442 H tahun 2021 di Jalur Gaza berubah mencekam. Persiapan Idul Fitri seketika terhenti di jalan-jalan yang sebagian besar menjadi lenglang kosong seperti kota tak berpenghuni. Hampir seluruh toko dan bisnis tutup dan orang-orang memilih untuk tetap berada di dalam rumah masing-masing.

“Selama agresi israel terhadap Rakyat kami berlanjut, perlawanan Palestina, terutama Hamas akan tetap berada dalam keadaan bentrok permanen dengan pendudukan, yang membuat Yerusalem, Al-Aqsha dan Jalur Jaza menjadi target terjadinya kejahatan dan pelanggaran.” ujar juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum, Rabu (12/5/21).

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam pesan siarnya berkata : kami berada di tengah-tengah kampanye militer dan tentara telah menyerang ratusan anggota Hamas dan target Jihad Islam di Gaza.

“Akibatnya, warga Gaza mengalami malam Idul Fitri yang dihiasi panjang pemboman dan teror. Beberapa warga kehilangan orang yang mereka cintai, yang lainnya kehilangan rumah,” singkatnya.

Rashad Al-Sayed di kamp pengungsi Al-Shati, sebelah barat Gaza, mengatakan, bahwa atap rumah yang ia tinggali menimpa keluarganya saat sedang mencoba tidur setelah sholat subuh.

“Itu adalah malam yang sulit, kami tidak bisa tidur, dan ketika kami memutuskan untuk tidur, atap menimpa kami. Pesawat-pesawat tempur Israel menghantam sebuah apartemen di atas apartemen saya di lantai tujuh,” ujar Al-Sayed.**

Iklan

Artikel SebelumnyaPemerintah RI Kirim Bantuan Hibah untuk Penanganan Covid-19 di India
Artikel BerikutnyaDewan Pengawas (Dewas) LPP RRI, Berhentikan DIRUT LPP RRI M Rohanudin