Pesantren Al-Ma’tuq Sukabumi Berikan Ribuan Paket Sembako Untuk Bekal Saum Warga Sekitar

Al-Ma’tuq
Foto Dokumentasi : Mudir Pesantren Al-Ma’tuq, Dr Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I, saat memberikan paket sembako secara simbolis kepada warga.
SUKABUMI,jawabarat.indeksnews.com-Menyambut bulan suci ramadhan 1442 Hijriah/2021 Pesantren Al-Ma’tuq Sukabumi, Jawa Barat, berikan bingkisan sembako kepada ribuan penerimaan manfaat di lingkungan pesantren Jalan Kadudampit, Desa Gunungjaya, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (08/04/21).

Dalam kegiatan tersebut, ikut dihadiri Mudir Pesantren Al-Ma’tuq, Dr Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I, Camat Cisaat Yudi Mulyadi, Kapolsek Cisaat AKP Rusmadi, Kades Gunungjaya Anwar Musadad, Unsur MUI Kecamatan Cisaat, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan. Kegiatan tersebut dengan mengikuti protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Al-Ma'tuq
Foto Dokumentasi : Dr Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I, saat memberikan sambutan didepan warga penerima manfaat paket sembako ramadhan 1442 Hijriah/2021, di gedung Hafidz Qur’an Al-Bassam Jalan Kadudampit, Desa Gunungjaya, k
Kecamatan Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat.

Mudir Pesantren Al-Ma’tuq, Dr Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I, mengatakan, dalam agenda rutina setiap tahun dilaksnakan ini adalah bentuk ucap syukur kepada Allah Swt, atas digelarnya acara bakti sosial (baksos) kepada seribu lebih penerima manfaat.

“Dalam kegiatan saat ini di Pesantren Tahfiz Quran Al-Bassam, meski ditengah kondisi Pandemi Covid-19, Alhamdulillah kami pesantren Al-Ma’tuq dan para donatur masih bisa berbagi kebahagiaan dalam memberikan bingkisan paket sembako berupa beras 20 kilo, tiga kilo gula pasir, tiga kilo minyak goreng, botan dan lainya. Semua diberikan untuk bekal menyambut sasih saum Ramadhan 1442 Hijriah dari para donatur yang inginkan memberikan kebahagiaan dari semua yang menerima,” ujarnya DR Ade Hermansyah, Kamis (08/04/21).

Camat Cisaat Yudi Mulyadi mengaku bangga dan mengapresiasi kepada pesantren Al-Ma’tuq yang konsisten mengadakan kegiatan rutin setiap tahun dalam menjelang bulan suci Ramadhan. Tentunya, hal tersebut harus di dukung dan dijadikan motivasi untuk lembaga pendidikan pesantren di Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah dan kami ucapkan terimakasih kepada lembaga pendidikan pesantren Al-Ma’tuq dan donatur yang peduli terhadap perkembangan pendidikan agama Islam dan peduli terhadap masyarakat sekitar. Ini kegiatan sangat mulya dan wajib bersyukur, mari kita doakan khususon untuk donatur dan jajaran pesantren Al-Ma’tuq, diberikan kesehatan kebrkahan dan diberikan kelancaran rezkinnya, Amin Yaa Robbal Alamin,” tandas Yudi Mulyadi dalam sambutannya.

Al-Ma'tuq
Foto Dokumentasi : Camat Cisaat Yudi Mulyadi, Kapolsek Cisaat AKP Rusmadi, Kades Gunungjaya Anwar Musadad, Unsur MUI Kecamatan Cisaat, simbolis memberikan paket sembako kepada warga.

Ditempat terpisah, Kades Gunungjaya Anwar Musadad mengaku sangat bangga dengan perkembangan pesantren Al-Ma’tuq yang berada dilingkungan pemerintah desanya.

“Kami bangga dengan adanya pesantren Al-Ma’tuq, Al-Bassam dan lembaga pendidikan dibawah naungan Al-Ma’tuq Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta, diresmikan pada tanggal 2 Dzui-Qa’dah 1417 H/ II Maret 1997 M, oleh Bupati Sukabumi dan Duta Besar Kuwait untuk Indonesia pada saat itu,” kata Anwar Musadad.

“Alhamdulillah sejak saya menjabat Kades Gunungjaya selama dua periode ini, banyak terbantu oleh kendaraan pesantren ini. Khusus bulan suci ramadhan 1442 Hijriah kali ini, ada ratusan penerimaan manfaat yang mendapatkan, untuk pemerataan kami berikan data warga yang sesuai. Kami berharap, bantuan yang disalurkan Al-Ma’tuq bermanfaat dan berkah untuk semuanya,” tandas Anwar.

Al-Ma'tuq
Foto Dokumentasi/kebersamaan.

SEJARAH SINGKAT PESANTREN AL-MA’TUQ SUKABUMI, JAWA BARAT :

Pesantren Al-Ma’tuq adalah lembaga pendidikan di bawah binaan Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta, diresmikan pada tanggal 2 Dzui-Qa’dah 1417 H/ II Maret Tahun 1997, Oleh Bupati Sukabumi saat itu dan Duta Besar Kuwait untuk Indonesia.

Secara administrasi data yang tercantum di pemerintahan kabupaten (Pemkab), Pesantren Al-Ma’tuq berada di wilayah Kabupaten Sukabumi, tetapi secara geografis lebih dekat pusat Kota Sukabumi. Jarak antara Pesantren Al-Ma’tuq dengan pusat Kota Sukabumi adalah 7 km, sedangkan dengan pusat Kabupaten Sukabumi beijarak sekitar 70 km.

Dengan kondisi seperti itu, Pesantren Al-Ma’tuq sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi, baik dari arah Kota Bogor dan Jakarta maupun dari arah Cianjur dan Bandung.

Pesantren Al-Ma’tuq juga memiliki tata letak geograiis yang strategis di kaki Gunung Gede dan berada di lintasan rekreasi bukit dan danau Situgunung Gede Pangrango, berhadapan dengan suasana kehidupan dinamis di segitiga Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

Al-Ma'tuq
Foto Dokumentasi/Pesantren Al-Ma’tuq Sukabumi.

Dengan suasana desa yang asri dan udara yang sejuk, dan latar belakang pesawahan yang terhampar sejauh mata memandang, merupakan suasana yang sangat kondusif dan sangat mendukung untuk para santri berkonsentrasi menuntut ilmu.

Di awal masa pendin’annya, Pesantren Al-Ma’tuq dikhususkan untuk menampung anak-anak yatim dari berbagai daerah di Indonesia dalam bentuk panti. Namun dalam perkembangan selanjutnya pesantren ini menyelenggarakan pendidikan mandiri dan masih dikhususkan untuk anak-anak yatim.

Baru pada tahun ajaran 2007-2008 dibuka kesempatan untuk santri non yatim, melihat antusiasme masyarakat untuk menitipkan anaknya di lembaga pendidikan yang dinilai berkualitas (Pesantren Al-Ma’tuq).

Pesantren Al-Ma’tuq berdiri diatasi luas area 3.600 m2 yang merupakan wakaf dan’ Bapak Ir. H. Salim  Adapun pembangunannya didanai oleh Syekh Abdul Hamid bin Abdullah Al-Ma’tuq atas nama keluarga besar Abdullah AlMa’tuq melalui Yayasan Lajnah Khairiyyah Musytarakah.

Secara bertahap Pesantren Al-Ma’tuq pun berusaha membebaskan dan atau membeli sejumlah tanah di sekitar Pesantren dan terus mengembangkan pembangunanpembangunan untuk menunjang sarana pendidikan dan pengasuhan yang kondusif dan berkualitas.

VISI MISI DAN TUJUAN VISI :

Pesantren Salafi yang melaksanakan proses pendidikan Islam secara optimal, untuk melahirkan generasi unggul dalam aqidah, ibadah dan akhlak secara integral, memiliki wawasan intenasional, dan mampu menghadapi tantangan global.

MISI :

1. Menyelenggarakan pendidikan Islam berkualitas dengan metode kesamaan dan elalu mengikuti perkembangan zaman.

2. Menanamkan Aqidah Ahlusunnah dengan pemahaman Salafusshalih.

3. Membina ibadah yang benar dan akhlak yang mulia.

4. Menanamkan cinta kepada Al-Qur’an, Sunnah, Bahasa Arab dan seluruh llmu-llmu syar’i.

5. Membangkitkan semangat dakwah untuk memperbaiki kondisi umat Islam.

6. Mengajarkan ilmu-ilmu umum dan bahasa Inggris sebagai wasilah untuk dakwah.

7. Membekali peserta didik dengan keterampilan hidup agar mampu mandiri dan siap menghadapi tantangan zaman

TUJUAN :

1. Melahirkan generasi yang menguasai berbagai disiplin ilmu terutama bidang aqidah dan syari’ah sesuai pemahaman  agama Islam.

2. Mencetak da’i da’i yang berkepribadian Islami dalam aqidah, ibadah, maupun akhlaq, dan memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi kendala dakwah, serta memiliki keterampilan hidup untuk menghadapi tantangan zaman dan persaingan global.

C. PROGRAM PENDIDIKAN :

1. SD Qur’ani (tidak berasrama) 2. Mutawassith/ SMP (berasrama) 3. Tsanawi / SMA (berasrama)

D. KOMPETENSI LULUSAN :

Dengan mengikuti seluruh program pembelajaran dan kegiatan Pesantren, lulusan diharapkan memiliki kompetensi scbagai berikut :

a. Hafal minimal 10 juz al-Quran.
b. Memahami aqidah ahlussunnah wal jama’ah sesuai pemahaman selafus-shaleh.
c. Memahami ilmu-ilrnu syar’i sesuai pemahaman salafus-shaleh.
d. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris.
e. Mampu berpidato bahasa Arab dan bahasa Inggris.
f. Menguasai dasar-dasar teknologi informasi.

E. KURIKULUM

Kurikulurn Kementerian Agama yang dikembangkan dan disesuaikan dengan visi dan misi Pesantren dengan dititik beratkan pada penguasaan ilmu-ilmu syar’i, bahasa Arab dan bahasa Inggris (struktur kurikulum terlampir).

F. STAF PENGAJAR DAN MUSYRIF ASRAMA :

Pendidikan di Pesantren Al-Ma’tuq didukung oleh para pengasuh dan pengajar yang memiliki kapasitas di bidangnya, lulusan beberapa perguruan tinggi dalam dan luar negeri antara lain : Universitas Islam Madinah, Univ. AL-Azhar, Univ. Andalus Yaman, LIPIA Jakarta, Universitas Ibnu Khaldun, [PB Bogor, UGM Yogyakarta, UPI Bandung, Unpad, UIN, dan lain-lain (Daftar pengajar tahun ajaran 2016-2017 terlampir).**

Artikulli paraprakDi Maja, Hanson International menggandeng Grup Ciputra Untuk Mengembangkan Perumahan Di Atas Ribuan Hektar Lahan Miliknya.
Artikulli tjetërDPR RI Heri Gunawan, Apresiasi Peluncuran Kredit Center dan Portal Pengaduan Restrukturisasi Kredit di Kota Solo Jateng