Petinggi Sunda Empire Akhirnya Bebas Dari Lapas Dengan Asimilasi

petinggiSunda Empire
Foto Ilustrasi Kelompok Sunda Empire.
JAKARTA,banten.indeksnews.com-
Bebasnya para petinggi Sunda Empire yang sempat viral di Indonesia beberapa waktu lalu ramai diberitakan. Kebebasan petinggi Sunda Empire melalui program asimilasi, dibebaskan setelah dihitung menjalani dua tahun penjara.

Raden Rangga dan Nasri Banks sebagian petinggi Sunda Empire dimana sebuah perkumpulan yang mengklaim diri pada romantisisme sejarah pada masa lalu, di mana mereka mencita-citakan berdirinya kerajaan Sunda yang akan kembali menjadi besar sebagaimana pada masa Tarumanegara ini, mendapatkan program asimilasi berkaitan dengan Covid-19 sesuai dengan aturan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Dilansir dari kompas.com, mereka (Petinggi Sunda Empire) seharusnya bebas pada Desember 2021 mendatang, tetapi sejak Senin 19 April 2021 lalu akhirnya bisa dibebaskan dengan asimilasi.

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Banceuy Bandung, Tri Saptono menyebut Raden Rangga (petinggi Sunda Empire) berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan lapas.

“Ya betul, yang bersangkutan sudah bebas lewat program asimilasi rumah sesuai surat keputusan Kemenkumham,” ujar Tri Saptono, Selasa (27/04/21).

Tri Saptono menerangkan, syarat narapidana (napi) yang mendapat asimilasi rumah, salahsatunya harus berkelakuan baik selama enam bulan terakhir di tempat menjalani hukuman dan sudah menjalani setengah dari masa pidana.

“Adapun istri dari terpidana Nasri Bank bernama Rd Ratnaningrum yang menjalani kurungan di Lapas Perempuan Bandung, juga bebas dengan program asimilasi yang sama,” kata Tri Saptono.

Pengacara Raden Rangga, Erwin Syahduddi mengatakan, kliennya usai mendapatkan program asimilasi rumah, langsung bertandang ke kediamannya di kawasan Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

“Saat ini berada di Bekasi berkumpul bersama anaknya,” kata Erwin.

Erwin menjelaskan, bahwa Raden Rangga berencana akan membuat buku atau membuat konten yang bermanfaat, intinya melakukan kegiatan kearah positif.

“Beliau masih semangat untuk bisa memulihkan keadaan ekonominya dengan kurang lebih Sunda Empire yang sudah lumayan heboh lah. Paling enggak momen itu mau dibuat ke arah yang positif. Entah nanti buat karya buku atau mungkin bikin konten lah yang lebih membangun,” kata dia.

Simak beberapa informasi seputar Sunda Empire yang petingginya sekarang bebas karena mendapat asimilasi.

Sunda Empire atau nama lengkapnya adalah Sunda Empire-Earth Empire, merupakan sebuah perkumpulan yang mengklaim diri pada romantisisme sejarah pada masa lalu, di mana mereka mencita-citakan kerajaan Sunda akan kembali menjadi besar sebagaimana pada masa Tarumanegara.

Gerakan Sunda Empire bermula hanya sebatas di media sosial (medsos) yang pada akhirnya terbentuk secara nyata dan viral setelah akun Facebook dari seseorang yang diduga anggota Sunda Empire yang bernama Renny Khairani Miller melakukan unggahan status yang membuat geger pengguna Facebook.

Siapa Saja Petinggi Sunda Empire?

Ketiga petinggi Sunda Empire yang menjadi terdakwa yaitu Nasri Banks, Raden Ratna Ningrum, dan Raden Rangga Sasana. Tiga petinggi Sunda Empire tersebut telah dinyatakan terbukti bersalah menyebarkan berita bohong hingga menimbulkan kegaduhan ditengah masyarakat.

Pengakuan yang Fenomenal

Petinggi Sunda Empire, yaitu Rangga Sasana mengklaim banyak hal-hal yang tidak masuk akal seperti Pentagon di Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa berasal dari Bandung. Rangga juga memberikan pernyataan kontroversial bahwa Sunda Empire mampu menyelamatkan bumi dan juga menghentikan perang nuklir.

Selain itu, dirinya juga menyatakan bahwa Jack Ma dan Bill Gates akan bergabung dengan Sunda Empire. Bahkan, dirinya juga mengaku bahwa wilayah Nusantara bukan hanya Indonesia saja, melainkan juga mencakup 54 negara yang membentang dari Australia hingga Korea.

Kronologi Dipenjara hingga Bebas

Pada tanggal 28 Januari 2020, Ki Ageng Rangga ditangkap oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat di kawasan Tambun, Kabupaten Bekasi. Lalu dua hari kemudian, Kepolisian Daerah Jawa Barat menetapkan tiga orang petinggi Sunda Empire, yaitu Nasri Banks selaku Perdana Menteri, Raden Ratnaningrum selaku Kaisar, dan Ki Ageng Rangga atau Rangga Sasana selaku Sekretaris Jenderal Sunda Empire. Ketiganya ditangkap atas tindakan penyebaran berita bohong.

Majelis Hakim telah memvonis tiga terdakwa petinggi Sunda Empire tersebut selama dua tahun penjara. Para petinggi Sunda Empire tersebut dikenai Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 sebagaimana dalam dakwaan kesatu tentang tindakan menyiarkan berita bohong hingga menimbulkan keonaran.

Petinggi Sunda Empire Bebas

Para petinggi Sunda Empire, yaitu Nasri Banks dan Ki Ageng Rangga Sasana, bebas dari penjara setelah mendapatkan asimilasi. Asimilasi tersebut diberikan oleh pihak lapas kepada dua petinggi Sunda Empire sejak tanggal 19 April 2021.

Program asimilasi tersebut diberikan berkaitan dengan Covid-19. Meskipun begitu, para petinggi Sunda Empire yang dibebaskan masih dalam pengawasan pihak Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung.

Tidak hanya Nasri Banks dan Rangga, petinggi Sunda Empire lainnya, Raden Ratna Ningrum juga mendapatkan hal serupa, yaitu asimilasi rumah. Selama menjalani pidana, Ratna diketahui berkelakuan baik dan sudah menjalani 2/3 hukuman sebelum tanggal 30 Juni.**

Artikulli paraprakKementerian PUPR Bersama BUJT Targetkan 19 Ruas Tol Sepanjang 427 Kilo Meter Tuntas Akhir 2021
Artikulli tjetërSungai Cicatih Sukabumi Meluap, Rumah Warga Nyangkowek Terendam Setinggi 20 Centimeter