Polisi Tangkap 1 Pelaku Pencuri Serbuk Katalis di Kilang Pertamina Cilacap

Polisi Tangkap 1 Pelaku Pencuri Serbuk Katalis di Kilang Pertamina Cilacap
Unit Reskrim Polsek Cilacap Tengah menangkap satu dari tiga pelaku pencurian serbuk katalis di PT Kilang Pertamina Cilacap, Pelaku yang merupakan karyawan kontraktor tersebut melakukan aksinya pada 23 Juni 2022 lalu.

Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo dalam konferensi pers di malpores Cilacap mengatakan pencurian serbuk katalis tersebut melibatkan tiga pelaku yang berinisial SG (27), AK (40), dan SJ (40) saat itu bekerja sebagai karyawan kontraktor di area tersebut.

“Pencurian dengan pemberatan berupa pencurian serbuk katalis terjadi di wilayah PT. Kilang Pertamina Cilacap, khususnya di area pintu 3,” kata Suryo. Rabu ( 3/8/2022).

Pelaku yang berhasil diamankan SG (27), merupakan warga Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan. Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 13 kg katalis, 1 unit mobil pick up, 1 buah ID baidge, 1 buah SIM kilang, serta 1 buah HSSE passport milik SG.

Kejadian tersebut bermula pada saat security merasa curiga terhadap mobil pick up yang dikemudikan SG, karena kap depan mobilnya sedikit terbuka.

Setelah dibuka kap mobilnya, ada 1 karung berisi katalis dialasi kain majun yang ditaruh di atas kap mesin. Kemudian SG diinterogasi oleh TM anggota TNI, dan security yang saat itu sedang jaga.

“Kemudian security mengamankan SG (27) supir pikap tersebut dan SG kemudian dimintai keterangan dan dilaporkan ke Polsek Cilacap Tengah,” jelas Suryo.

SG lalu mengakui bahwa karung berisi katalis tersebut diambil dari dalam Kilang Pertamina RU IV Cilacap. Menurut SG, ia disuruh oleh AK dan S, yang saat ini menjadi buronan kepolisian.

Dalam aksinya ketiga pelaku menggunakan kartu akses, sehingga dapat keluar masuk kawasan Pertamina Cilacap dengan bebas.

Dalam kejadian pencurian ini, barang bukti yang berhasil diamankan Polisi yaitu berupa 13 kilogram serbuk katalis. Atas perbuatanya pelaku di jerat pasal 363 KUHP Pidana Jo Pasal 56 KUHP.

Artikel SebelumnyaAnies Ganti Nama 31 RSUD Di DKI Jakarta Jadi Rumah Sehat
Artikel BerikutnyaPemda DIY Beri Sanksi Atas Pemaksaan Pakai Jilbab Pada Siswi Yang Dilakukan Oknum Guru SMAN 1 Banguntapan