Program Pamsimas Desa Cireunghas 2021 Dirasakan Manfaat Untuk Kebutuhan Air Bersih Warga Untuk Berkelanjutan

JABAR, banten.indeksnews.com-Desa Cireunghas merupakan salah satu desa di Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Desa Cireunghas merupakan penerima program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2021 bersama puluhan desa lainnya di Kabupaten Sukabumi.

Sosialisasi dan bingbingan teknis (Bintek) Program Pamsimas di Desa Cireunghas telah dilakukan dihadiri Irman Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) yang dihadiri berbagai elemen masyarakat, tokoh pemuda dan Pengurus Asosiasi SPAMS Kabupaten Sukabumi Rudi Rustandi sebagai narasumber Sosialisasi dan Bintek. Kegiatan dipusatkan di Aula Desa Cireunghas, Juni 2021 lalu.

Sumber mata air bukit Cikopeng yang menjadi titik lokasi intervensi air program Pamsimas 2021 dibawah komando KKM Desa Cireunghas. Dalam sosialisasi dan bintek saat itu, masyarakat yang hadir terlihat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi yang dipimpin langsung Pengurus Asosiasi SPAMS Kabupaten Sukabumi, program Pamsimas dirasakan sangat membantu masyarakat dalam kebutuhan air bersih dimasa musim kemarau.

Pamsimas
Foto Dokumentasi : Sejumlah masyarakat di Desa Cireunghas saat ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan program Pamsimas tahun 2021.

“Antusiasme masyarakat khususnya warga di kadusuna empat dimana lokasi yang berdekatan langsung dengan lokasi pembangunan program Pamsimas tahun 2021 di Desa Cireunghas. Untuk peminat dinilai sangat tinggi untuk mewujudkan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS), mengingat pentingnya air minum dan bersih bagi kehidupan sehari-hari,” kata Irman, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp, Jum’at 16 Juli 2021.

Dalam pelaksanaan kegiatan program Pamsimas di desanya, Irman mengatakan, dilakukan secara gotong royong (swadaya masyarakat) dengan melibatkan seluruh elemen baik tokoh pemuda, organisasi maupun masyarakat umum. Tidak ada satupun warga yang tidak menyambut antusias program pembangunan (pamsimas) tersebut.

“Alhamdulillah, dari awal digulirkan program Pamsimas bakal dilaksanakan di Desa Cireunghas. Semua masyarakat menyambut baik dan senang, mulai dari menyusun dan menyepakati jadwal kegiatan pekerjaan dengan cara gotong royong dengan mentargetkan waktu penyelesaian pekerjaan yang sudah ditentukan, sebagaimana yang disepakati KKM dengan pihak-pihak terkait tertuang dalam Perjanjian Kesepakatan Kerja (PKS),” beber Irman.

Pamsimas
Foto Dokumentasi : Tim KKM Desa Cireunghas, saat melaksanakan pengerjaan Program Pamsimas tahun 2021.

Ditempat Terpisah Kepala Desa Cireunghas, Deny Nurmawan, S.I.P. merasa bersyukur atas keberhasilan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Desa Cireunghas yang telah sukses melaksanakan Program Pamsimas Tahun 2021 di desanya. Dalam pelaksanaan pembangunan Pamsimas, KKM Desa Cireunghas bisa bersinergi dengan berbagai kalangan di desa tersebut seperti Pemerintah Desa (Pemdes), BPD, LPM, Karang Taruna, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh Pemuda, dan masyarakat.

“Alhamdulilla, pelaksanaan proyek infrastruktur Pamsimas yang berdiri di atas lahan milik desa dengan memanfaatkan sumber mata air CiKopeng di kedusunan empat. Berjalan sukses dan lancar sesuai harapan. Keberhasilan tersebut, berkat sinergitastas KKM dengan semua elemen masyarakat dapat terbangun atas tumbuhnya jiwa bergotong-royong,” kata Deny Nurmawan.

Pamsimas
Foto Dokumentasi : Menonjolkan icon sumber air berlimpah, KKM Pamsimas Desa Cireunghas, lukis penampungan air Pamsimas dengan kreasi alam.

Deny atau sapaan akrab Kang Dewan mengungkapkan, secara keseluruhan masyarakat di desa yang dipimpinnya, masih menjunjung tinggi nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan. Sehingga kegiatan swakelola seperti program Pamsimas mendapatkan dukungan penuh dari elemen masyarakat.

“Seperti halnya dalam pelaksanaan program PNPM dan Wahana Visi Indonesia (WVI), termasuk untuk program Pamsimas. Masyarakat disini sangat menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan yang dilakukan secara gotong royong. Karena hasil kegiatan program nantinya bisa berfaat sepenuhnya untuk masyarakat di Desa Cireunghas,” jelas Kang Dewan.

Pamsimas
Foto Dokumentasi : Masyarakat Desa Cireunghas terus junjung rasa kebersamaan dan gotong royong, seperti halnya membantu TNI dalam pembangunan jalan program TTMD 2021.

Ditempat terpisah, Rudi Rustandi Pengurus Asosiasi SPAMS (Sarana Penyedia Air Minum dan Sanitasi) Kabupaten Sukabumi, mengatakan program Pamsimas tahun 2021 di Kabupaten Sukabumi sudah sepantasnya bisa dilaksanakan dan dirasakan manfaatnya, jangan sampai program tersebut hanya sampai jadi monumen dan tidak dirasakan manfaat keberlanjutannya untuk masyarakat, khusus dalam kebutuhan air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

“Dalam pelaksanaan yang dititip beratkan kepada KKM dan Satlak program Pamsimas, bisa dilaksanakan sesuai aturan dan peraturan pelaksanaan yang sudah diatur. Untuk itulah, kami (Pengurus Asosiasi SPAMS) kerap memberikan pembekalan berupa pelatihan teknis dan administrasi keuangan dari Tim Fasilitator Masyarakat, agar dalam pelaksanaan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) yang telah disusun sebelumnya dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan,” kata Rudi.

Pamsimas
Foto Dokumentasi : Mengurus Asosiasi SPAMS Kabupaten Sukabumi, Rudi Rustandi disela kegiatan memberikan bimbingan teknis program Pamsimas.

Ustad Hikmat Hasani tokoh agama didampingi Asep Anwar tokoh pemuda Desa Cireunghas, menuturkan dengan nyata warga di desanya masih memegang erat nilai-nilai gotong royong dan masih dipertahankan hingga dilanjutkan oleh regenerasi penerus berikutnya.

“Jiwa kepedulian dan gotong royong akan tercipta rasa memiliki yang sama, dengan demikian tidak ada rasa paling memiliki dan saling iri. Hal ini terlihat nyata dalam pelaksanaan kegiatan program Pamsimas dimana seluruh elemen ikut berpartisipasi secara aktif baik moril maupun materil,” tandas Abi Hikmat sapaan akrab Pimpinan Pondok Pesantren Husanul Hikmah yang berlokasi di Desa Cireunghas.**(CR-1/Red)

Artikulli paraprakUnggah Potret Menggoda Dikolam Renang, Luna Maya Dibanjiri Komentar Warganet
Artikulli tjetërKebutuhan Air Bersih di Desa Sukaraja Terpenuhi Dengan Memanfaatkan Program Pamsimas Tahun 2020, Peran Aktif Kaum Perempuan Jadi Ujung Tombak