Sama Dengan Sumbar, Banten Sudah Sejak Jaman Sultan Pancasilais

Sama Dengan Sumbar, Banten Sudah Sejak Jaman Sultan Pancasilais
Serang – Gubernur Banten Wahidin Halim menegaskan diwilayahnya penerapan nilai-nilai Pancasila sudah sejak lama di terapkan, bahkan dari jaman Kesultanan Banten.

Menurut Gubernur, hal itu bisa ditujukkan dengan keberadaan gereja, kelenteng, serta beberapa suku yang tinggal di Banten.

Kerukunan umat beragama sudah menjadi nilai-nilai yang terinternalisasi dalam diri masyarakat. Pancasila juga memuat nilai-nilai universal. Ada dimana-mana dan memuat nilai kebaikan. Sehingga nilai-nilai kebaikan apa saja ada di situ.

“Itu kan simbol Pancasila. Dari zaman Sultan sudah ada kerukunan antar umat beragama,” tegasnya usai menghadiri Deklarasi Pembumian Pancasila di Bumi Banten yang berlangsung di aula Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Jl. Jenderal Sudirman No.30, Kota Serang, Kamis (15/10/2020).

Dia juga mengatakan, nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan masyarakat di saat pandemi Covid-19. Salah satunya masyarakat bisa saling tolong menolong.

“Tolong menolong juga bagian dari (penerapan) nilai-nilai Pancasila. Kita mengingatkan teman untuk memakai masker juga bagian dari itu. Karena kita mengingatkan teman untuk saling tolong menolong untuk sehat,” tuturnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat di masa pandemi ini harus bertoleransi. Menurutnya saling mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan merupakan bentuk toleransi.

Artikulli paraprakSpa Melati Dijadikan Praktek Prostitusi Digrebek, Polisi Temukan 310 Kondom
Artikulli tjetërSeorang Ibu Jatuh Pingsan, Gara-gara Anaknya Masih SMA Nikahi 2 Wanita Sekaligus