Serang Menjadi Kota Pertama Di Banten Untuk Vaksinasi COVID-19 ke Lansia

Serang Menjadi Kota Pertama Di Banten Untuk Vaksinasi COVID-19 ke Lansia
COVID 19 vaksin ft ilustrasi
SERANG, banten.indeksnews.com – Serang menjadi Kota pertama Vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia) di Banten rencananya pertama kali akan dilakukan . Ada sebanyak 2.300 lansia  yang akan di data untuk menerima vaksinasi COVID-19 dan rencananya akan dimulai hari ini.

“Ada 2.300 lansia di Kota Serang, namun yang sudah daftar ulang baru 300an,” kata Kadinkes Banten Ati Pramudji kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Dengan begitu, 300 lansia yang sudah mendaftar itu akan menjadi lansia pertama yang akan menerima vaksin COVID-19 di Kota ini. Proses vaksinasi terhadap lansia di Kota Serang ini ditargetkan rampung pada akhir Februari, dengan begitu kota-kota di Banten akan mendapat giliran vaksin pada Maret mendatang.

“Lansia di wilayah lain buru-buru pengen divaksinasi, tapi karena arahan dari pusatnya untuk Februari ini khusus Kota Serang,” ujarnya.

Adapun pedaftaran vaksinasi terhadap lansia dapat dilakukan di laman serang.kemenkes.go.id. Pada prosesnya, para lansia akan lebih dulu dilakukan skrining dan cek status kesehatan oleh tim dokter. Sebagaimana rekomendasi perhimpubnan dokter penyakit dalam, penyakit seperti hipertensi, jantung atau diabetes yang terkontrol tetap dibolehkan untuk disuntik.

“Artinya bahwa vaksinasi ini benar-benar semakin aman, karena sampai saat ini kejadian ikutan pasca imunisasi di Banten baru ada dua kasus sedang, kalau berat belum ada,” terangnya.

Sementara untuk para lansia di lingkungan tenaga kesehatan, disebut sudah hampir semuanya menerima vaksin COVID-19. Mereka yang telah divaksin rata-rata tak mendapat gejala yang aneh, termasuk untuk para lansia.

Vaksinasi covid-19 untuk masyarakat umum kelompok lansia 60 tahun ke atas, akan segera dimulai pekan ini, dimana pelaksanaannya sudah ditandai dengan penyuntikan vaksin untuk Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

Wapres Ma’aruf Amin sendiri berusia 77 tahun, dan manjadi orang pertama di Indonesia, yg menerima vaksinasi covid-19 dari lansia kelompok umum, sementara lansia dari kelompok tenaga kesehatan Kemenkes RI masih terus berlangsung dengan sasaran 11.600 orang.

Artikulli paraprakTommy Soeharto Menang Gugatan, Konflik Partai Berkarya
Artikulli tjetërRel Ganda Bogor Sukabumi Pengerjaan Sudah Mencapai 70%