Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Banten Satgas IDI Langsung Bertindak

Suspek Cacar Monyet
Ketua Satgas Cacar Monyet Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Hanny Nilasari mengaku belum mengetahui dugaan kasus suspek cacar monyet yang dilaporkan di provinsi Banten.

Pihaknya masih mendalami kemungkinan temuan kasus suspek cacar monyet tersebut. “Kami belum mendapatkan kabar, nanti diinformasikan bila ada perkembangan atau update-nya,” jelas dr Hanny, Rabu (10/8/2022).

Informasi tersebut berawal dari konfirmasi Puskesmas Pulomerak dalam akun Instagram @puskesmas.pulomerak. Disebut-sebut pasien tengah dalam pemeriksaan medis sejak Senin (8/8) dan sampelnya tengah dikirim ke Labkesda Provinsi Banten.

Pasien diduga cacar monyet disebut mengalami gejala nyeri kepala, nyeri otot, nyeri punggung dan keluhan yang hampir mirip dengan cacar. Hingga kini belum ada keterangan lebih lanjut terkait kabar diduga pasien cacar monyet di Pulomerak, Provinsi Banten.

Pihak Kementerian Kesehatan RI yakni Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu dan Juru bicara Kemenkes Mochammad Syahril belum memberikan tanggapan hingga berita ini diturunkan.

Sebelumnya, Syahril menyebut ada 17 kasus suspek cacar monyet yang belakangan dipastikan discarded, per Rabu siang (10/8).

Artikel SebelumnyaAcara Muharram Fest Digelar di Tangerang Selatan untuk Muliakan Anak Yatim
Artikel BerikutnyaMayat Tanpa Busana Ditemukan Mengapung di Tepi Sungai Cidurian Tangerang