Thailand Tersingkir di Posisi Puncak Klasemen Grup B Piala AFF U-16 2022

Thailand Tersingkir di Posisi Puncak Klasemen Grup B Piala AFF U-16 2022
Foto Istimewa
Bertahan imbang 1-1 melawan Laos U-16, timnas Thailand U-16 gagal mempertahankan puncak klasemen pada laga kedua Grup B di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (4/8/2022) malam.

Hasil ini membuat posisi Thailand U-16 di puncak klasemen Grup B digeser Timor Leste U-16. Sebab, di hari yang sama, Timor Leste menang besar atas Brunei Darussalam U-16 dengan skor 10-0.

Dengan hasil sama kuat 1-1 itu, Thailand pun kini harus puas berada di peringkat kedua pada klasemen Grup B Piala AFF U-16 2022. Meski sama-sama mengoleksi empat poin dengan Timor Leste U-16 yang berada di puncak klasemen, Thailand kalah dalam hal selisih gol.

Kedua tim bermain hati-hati di awal laga. Di antara mereka belum ada yang bisa menembus jantung pertahanan lawannya.

Laos mulai bisa berinisiatif menyerang saat memasuki 10 menit kedua. Serangan-serangannya terbukti efektif mengarah langsung ke gawang Thailand.

Benar saja, mereka lebih dulu bisa memecahkan kebuntuan. Melalui kaki Songkan Liyasak mereka berhasil unggul dengan skor 1-0.

Ketinggalan satu gol membuat Thailand mengencangkan daya serangnya. Tapi sayang itu tidak bisa dimanfaatkan menjadi gol sehingga tetap tertinggal hingga peluit akhir babak pertama.

Di babak kedua giliran Thailand yang berinisiatif menyerang. Pertahanan Laos pun harus berjibaku menghalau serangan bergelombang pasukan muda Thailand.

Setelah sekian lama menyerang dengan sabar, Thailand akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Melalui gol Jirapol Saelio pada menit ke-58 membuat laga menjadi 1-1.

Kedua tim sama-sama berkeinginan untuk memenangkan pertandingan. Tapi mereka tidak bisa memanfaatkan peluang-peluang menjadi gol. Skor 1-1 pun bertahan hingga akhir.

Untuk lolos ke semifinal, Thailand wajib mengalahkan Timor Leste di laga pamungkas yang berlangsung Minggu, 7 Agustus 2022. Namun, faktanya takkan semudah itu. Sebab, Timor Leste sanggup bermain 1-1 dengan Laos, tim yang juga menahan Thailand 1-1. Selain itu, Timor Leste menang 10-0 atas Brunei, sedangkan Thailand cuma menang 5-0 atas lawan yang sama.

Jika Timor Leste vs Thailand berakhir imbang dan di laga lain Laos menang atas Brunei, nasib Thailand di ujung tanduk. Lantas, bagaimana hitung-hitungannya? Andai kondisi ini terjadi, koleksi poin Timor Leste, Thailand dan Laos sama-sama lima poin.

Berikut regulasi head-to-head di Piala AFF U-16 2022 berdasarkan pasal 12.2: untuk menentukan juara grup:

1. Poin tertinggi dari laga di antara dua tim atau lebih yang memiliki poin sama

2. Selisih gol pada laga grup yang mempertemukan tim yang poinnya sama.

3. Jumlah gol terjadi di fase grup di antara tim yang poinnya sama.

Merujuk kepada poin di atas, jika laga Timor Leste vs Thailand berakhir 0-0 dan di laga lain Laos menang tipis semisal 1-0 atas Brunei, Laos yang lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Penyebabnya karena Laos total sanggup mencetak dua gol ke gawang Timor Leste dan Thailand.

Di saat bersamaan, Timor Leste dan Thailand hanya sama-sama mencetak satu gol. Lantas, bagaimana jika laga Timor Leste vs Thailand juga sama kuat 1-1? Jika kondisi di atas terjadi, Timor Leste, Thailand dan Laos mempunyai head-to-head yang sama persis.

APoin fair play bakal digunakan. Tim yang mendapatkan kartu paling minim bakal lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Menarik menanti tim mana yang bakal mewakili Grup B ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Sementara timnas Indonesia U-16 mendapatkan hasil luar biasa di dua laga awal klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022. Setelah menang 2-0 atas Filipina di laga perdana, skuad Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-16– menggilas Singapura 9-0!

Alhasil, Timnas Indonesia U-16 saat ini memuncaki klasemen sementara Grup A dengan enam angka. Koleksi enam poin Timnas Indonesia U-16 sebenarnya sama persis dengan Vietnam di tempat kedua.

Namun, Timnas Indonesia U-16 unggul selisih gol atas Vietnam, yakni +11 berbanding +9. Untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 sebagai juara klasemen Grup A, Timnas Indonesia U-16 hanya butuh hasil imbang saat bersua Vietnam di matchday pamungkas Grup A, Sabtu 6 Agustus 2022.

Artikulli paraprakPria di Balaraja Bacok Tetangga Lantaran Suka Berteriak Dan Mengganggu Saat Lagi Tidur
Artikulli tjetërBerbuat Mesum di Toilet Mushalla, Mahasiswa Perguruan Tinggi di Padang Digrebek Warga