TNI POLRI Kuasai Puncak, Teroris KKB Terdeteksi Mundur ke Lanny Jaya Papua

TNI POLRI Kuasai Puncak, Teroris KKB Terdeteksi Mundur ke Lanny Jaya Papua
Satgas Nemangkawi, saat ini telah mengamankan LW yang merupakan anggota KKB Papua pimpinan Terinus Enumbi ft istw
PAPUA,banten.indeksnews.com – TNI – Polri mendeteksi bergesernya teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB), yang awalnya di Kabupaten Puncak, kini bergerak mundur ke Kabupaten Lanny Jaya. Pergerakan teroris KKB itu diduga karena TNI-Polri telah sukses menguasai Kabupaten Puncak.

“Saat ini, mereka termonitor IT sudah kabur dan mundur sampai ke daerah Kuyawage, wilayah Lanny Jaya, dan pasukan TNI-Polri berhasil menguasai wilayah Puncak Papua,” kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudussy kepada wartawan, Minggu (23/5/2021).

Sejauh ini, personel gabungan TNI-Polri masih terkendala oleh medan dan kondisi geofrafis Papua dalam pengejaran teroris KKB. Dimana kelompok teroris KKB dinilai lebih mengenal medan dan memudahkan mereka untuk kabur.

“Ini adalah daerah tempat mainnya mereka sejak kecil. Medan dan kondisi geografisnya luar biasa. Soal penguasaan medan, mereka lebih menguasai daripada kami,” beber Iqbal.

Selain itu, kedala petugas dalam melakukan perburuan, yakni karena diduga masih adanya oknum warga yang menjadi informan teroris KKB. Iqbal menyebut masih ada oknum warga yang melindungi teroris KKB dari perburuan aparat gabungan.

“Selain kondisi geografis, faktor lainnya karena masih ada oknum-oknum masyarakat yang diduga memberikan informasi dan perlindungan kepada KKTB (kelompok kriminal teroris bersenjata) saat dilakukan pengejaran dari pasukan GABUNGAN ,” ungkap Iqbal.

Teroris KKB juga jarang kerap menggunakan warga sebagai tameng mereka. “Hal ini membuat kami kesulitan dalam melakukan penindakan, karena tidak menginginkan adanya jatuh korban dari masyarakat,” imbuh Iqbal.

Kendati menghadapi berbagai kendala, Iqbal menyebut aparat TNI-Polri mengandalkan peralatan IT guna memetakan antara KKB dengan masyarkat. Menurutnya, aparat GABUNGAN saat ini tengah memilah antara warga yang menjadi bagian dari teroris KKB dengan yang bukan.

“IT dan peralatan kita cukup canggih untuk mengetahui dan memisahkan KKTB atau masyarakat, ini yang kita lakukan sekarang,” pungkas Iqbal.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB Papua), semakin terpojok. Pasalnya Satgas Nemangkawi, saat ini telah mengamankan LW yang merupakan anggota KKB Papua pimpinan Terinus Enumbi

Ia diamankan Satgas Nemangkawi Minggu (23/5) kemarin, di Kabupaten Puncak Jaya, Papua

Penangkapan LW ini membuat KKB Papua semakin terpojok, sebab ia memiliki peran yang sangat strategis dari organisasi yang dicap teroris itu.

Dimana LW ternyata merupakan salah satu penyuplai senjata kelompok Terinus Enumbi pelaku penembakan Letda Blegur pada Agustus 2018 lalu.

Artikulli paraprakPendistribusian BLT-DD 2021 di Kec Nyalindung Sukabumi, Serentak Disalurkan Sekaligus Vaksinasi Untuk Lansia
Artikulli tjetërDamkar Kab Sukabumi Siap Perluas Kesiagaan di 47 Kecamatan