Viral! Ustad Yazid Jawas Sebut Perayaan Tahun Baru Islam Itu adalah Perbuatan Syirik dan Bid’ah

Ustad Yazid Jawas
Video ceramah Ustad Yazid Jawas atau Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang menyatakan perayaan tahun baru Islam atau hijriah terlarang beredar di media sosial. Ia menegaskan alasan pelarangan itu lantaran tidak pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ustad Yazid Jawas bahkan berani menyebut rangkaian kegiatan yang ada di dalam perayaan tahun baru Islam itu sebagai perbuatan syirik dan bid’ah.

“Perayaan tahun baru Islam nggak pernah ada! Jadi perayaan di bulan muharam ini gak ada, dan banyak orang melakukan perayaan di bulan muharam,” kata Ustad Yazid Jawas seperti diunggah pengguna akun Babe bernama Azyes, dikutip Sabtu (30/7/2022).

Perayaan tahun baru Islam sejatinya telah menjadi tradisi rutin bagi umat Islam di Indonesia. Salah satu yang menonjol dari kegiatannya adalah masyarakat beramai-ramai keliling kampung seraya melantunkan syair-syair islami.

Namun, ustad Yazid Jawas ketika berceramah selalu terlihat berapi-api ini justru memiliki pandangan lain. Tanpa memberikan penjelasan detail, ustaz yang berasal dari Bogor ini mengklaim banyak kesyirikan di dalam perayaan tahun baru Islam.

“Perayaan-perayaan ini sebenarnya gak boleh kita ikut dan gak boleh kita merayakannya. Banyak kesyirikan dan bid’ah dilakukan oleh kaum muslimin,” tegasnya.

Ustadz Yazid lantas menyebutkan satu persatu ritual ibadah di malam tahun baru islam yang menurutnya bid’ah, salah satunya ialah doa akhir tahun dan doa pembuka tahun baru islam.

Hingga kini, belum ditemukan tanggapan Ustaz Yazid terkait videonya tentang perayaan tahun baru Islam yang baru-baru ini beredar di media sosial.

Artikel SebelumnyaObat Ilegal Senilai Rp 3,7 Miliar Diamankan BBPOM Serang
Artikel BerikutnyaTruk Bermuatan Bata Habel Terguling di Jalan Gatot Subroto